Ratusan Knalpot Brong Disita dari Pengendara

Editor: Ary B Prass

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Untuk menindaklanjuti perintah Kapolda Jawa Tengah, terkait  Jawa Tengah bebas dari knalpot brong.
Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Banyumas, Jawa Tengah, berhasil menyita ratusan knalpot brong atau tidak standar.
Wakil Kepala Satlantas Polresta Banyumas AKP  Dwi Nugroho Jumat (28/1/2022) sore, saat pers release  di halaman Kantor Satlantas Polresta Banyumas, Purwokerto, menjelaskan, setidaknya polisi dari 10- hingga 27 Januari 2014 poliai sudah menjaring 794 kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot brong dalam kegiatan penindakan terhadap penggunaan knalpot tidak sesuai standar.
“Sesuai dengan atensi dari Bapak Kapolda Jawa Tengah bahwasanya beliau menginginkan Provinsi Jawa Tengah bebas dari knalpot brong,” kata AKP Dwi Nugroho.
Satlantas Polresta Banyumas dengan melaksanakan kegiatan penindakan terhadap kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot brong, dengan harapan  akan terwujud Kabupaten Banyumas yang “zero” knalpot brong.
Kepala Unit Penegakan Hukum Satlantas Polresta Banyumas AKP R Manggala ASM menambahkan  dalam dalam penegakan para pengguna knalpot brong bisa dijerat pasal 285 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, telah diatur masalah persyaratan teknis kendaraan bermotor, salah satunya tentang knalpot.
“Dalam pasal ini disebutkan ancaman pidananya, yaitu pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp250 ribu,” katanya.
Menurutnya penggunaan knalpot juga telah diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.56/MENLHK/SETJEN/KUM.1/10/2019 tentang Baku Mutu Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru dan Kendaraan Bermotor yang Sedang Diproduksi Kategori M, Kategori N, dan Kategori L.
Manggala, menegaskan dalam Peraturan Menteri LHK itu disebutkan bahwa kebisingan knalpot kendaraan dengan mesin di bawah 80 cc maksimal bising 77 dB, 80-175 cc maksimal bising 80 dB, dan kendaraan di atas 175 cc maksimal bising 83 dB.

BERITA REKOMENDASI