Ratusan Ribu Wisatawan Banjiri Purbalingga

PURBALINGGA (KRjogja.com) – Sejak H+1 Lebaran hingga H+4 atau Minggu (10/7/2016) ratusan ribu wisatawan membanjiri Purbalingga. Data sementara yang dikutip dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahrgara (Dinbudparpora), tidak kurang dari 165.612 wisatawan dari berbagai daerah sejumlah  obyek wisata di Purbalingga. Wisatawan terbanyak berkunjung ke Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong). Alhasil, banyaknya wisatawan yang membanjir membuat arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan menuju tempat wisata sempat tersendat.

"Berdasar laporan sementara dari sejumlah pengelola obyek wisata, jumlah wisatawan sudah mencapai 165 ribu lebih. Jumlah ini dipastikan akan terus meningkat, karena ada beberapa obyek wisata yang  belum memberikan data dan masih melakukan rekapitulasi," tutur Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga, Prayitno kepada wartawan, disela-sela melakukan pemantauan di sejumlah  wisata, Minggu (10/7/2016) malam.

Pada libur lebaran tahun inti, Dinbudparpora memasang target kunjungan wisatawan ke Purbalingga sebanyak 250 ribu. Dihitung mulai H+1 hingga H+10 Idul Fitri. Prayitno optimisaAngka itu akan tercapai karena berdasar pemantauan di sejumlah  wisata, terdapat kenaikan jumlah pengunjung yang cukup signifikan dibanding  pada libur lebaran tahun lalu,” ujarnya.

Prayitno merinci, data sementara dari pengelola sejumlah wisata. Kunjungan ke Owabong sebanyak 60 ribu orang, kemudian Sanggaluri Park 10 ribu wisatawan, Goa Lawa 14.111, Taman Wisata Purbasari Pancuranmas 19 ribu, dan sejumlah destinasi lain.  (Rus)

 

BERITA REKOMENDASI