Ribuan Santri dan Masyarakat Banjarnegara Ikuti Vaksin Gelaran BIN

Editor: Ary B Prass

BANJARNEGARA, KRJOGJA.comRibuan santri dan masyarakat Banjarnegara Minggu (25/7/2021) mengikuti vaksinasi massal yang digelar oleh Badan Intelijen Negara (BIN) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Kesehatan Banjarnegara.

Kegiatan tertsebut dilakukan di sejumlah titik, bertujuan untuk mendukung target pemerintah vaksinasi 3 juta/hari. Selain itu juga dilakukan bakti sosial berbentuk pemberian sembako untuk warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Kepala BIN Daerah Jawa Tengah, Sondi Siswanto, saat meninjau vaksinasi massal bersama bupati Bupati Budhi Sarwono di pondok pesantren Al-Fatah Parakancanggah Banjarnegara mengatakan, BIN menyiapkan 2.500 dosis vaksin jenis Sinovac yan sudah mendapatkan izin dari BPOM. Sedangkan untuk bansos disiapkan 2.500 paket sembako.

“Kegiatan vaksinasi massal merupakan upaya percepatan penanggulangan Covid-19 dan membentuk herd immunity untuk Indonesia sehat dan Indonesia hebat, termasuk di kalangan santri di Banjarnegara, sehingga proses pembelajaran di pondok pesantren dapat kembali normal,” ujar Sondi.

Lokasi kegiatan vaksinasi santri diselenggarakan di Ponpes Al-Fatah, sedangkan untuk vaksinasi door to door dilaksanakan di 3 lokasi yaitu Desa Gembongan Kecamatan Sigaluh, Blambangan Kecamatan Bawang dan Kelurahan Semampir Kecamatan Banjarnegara, dengan melibatkan tenaga kesehatan dari Puskesmas setempat. Sedangkan bakti sosial dilakukan di Kelurahan Krandegan Banjarnegara.

Menurut Sondi, vaksinasi mendapatkan dukungan satgas Intelijen Medik BIN Jakarta, dilengkapi dengan Mobile Laboratorium yang didalamnya terdapat peralatan canggih untuk melakukan Tes Antigen dan Tes PCR (Polymerase Chain Reaction).

Santri dan pelajar sebelum melaksanakan vaksinasi harus menjalani tes swab antigen. Jika negatif dilanjutkan ke tahap vaksinasi dan jika positif diarahkan untuk melakukan tes PCR. Jika kembali dinyatakan positif Covid diarahkan untuk isoman.

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Kepada para santri dibagikan goodie bag berisi vitamin C, vitamin D, hand sanitizer, susu kotak, roti, serta masker. Sedangkan peserta warga/door to door memperoleh godie bag berisi sembako untuk meringankan beban ekonomi mereka yang terdapampak Covid-19.

Sementara itu, pengasuh ponpes Al-Fatah Parakancanggah Nurul Huda, mengapresiasi BIN atas kepeduliannya terhadap para santri. “Kami bersyukur para santri dan pelajar di sini mendapat kesempatan vaksinasi. Diharapkan, kegiatan pembelajaran di sini segera normal seperti semula,” katanya.  (Mad)

BERITA REKOMENDASI