Rohis SMPN 1 Gelar Sunatan Massal

Editor: KRjogja/Gus

PURBALINGGA, KRjogja.com – Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriyah, cabang ekstra kurikuler Kerohanian Islam (Rohis) OSIS SMPN 1 Purbalingga menyelenggarakan kegiatan sunatan massal, Kamis (21/9). Tidak kurang dari 54 anak berusia 6 hingga 13 tahun disunat oleh 10 tenaga medis yang ditunjuk RSUD Purbalingga.

Ketua Rohis SMPN 1 Purbalingga, Frida Anggorini menuturkan, setiap tahun, cabang Rohis menyelenggarakan bakti sosial. Tahun- tahun lalu berupa santunan untuk panti asuhan, bedah rumah tidak layak huni.

"Atas kesepakatan bersama, tahun ini diputuskan menyelenggarakan sunatan massal," tutur Frida, Kamis (21/9).

Peserta sunatan massal terdiri anak berusia 6 hingga 13 tahun, dari  berbagai desa di Purbalingga. Masing-masing mendapat peci, baju koko, sarung dan uang saku serta pengobatan gratis.

Kepala SMPN 1, Sutrisno menyebutkan, kegiatan bakti sosial oleh OSIS, khususnya cabang Rohis untuk menyelaraskan ibadah mahdoh (ritual) dan muamalah (sosial). Sumber dana berasal dari swadaya siswa sebesar Rp 9.210.000. Ditambah partisipasi guru dan karyawan Rp 9.700.000.

"Uang yang dikumpulkan oleh siswa berasal dari uang saku yang disisihkan karena kami wanti-wanti agar jangan meminta kepada orang tua," ujar Sutrisno. (Rus)

BERITA REKOMENDASI