RSI Banjarnegara Siapkan Ruang Isolasi Khusus Hepatitis

Editor: Ivan Aditya

BANJARNEGARA, KRJOGA.com – Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara menyiapkan ruang isolasi khusus guna menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan kasus hepatitis akut untuk 10 pasien dan satu ICU khusus.

Dokter penanggung jawab penyakit infeksi RSI Banjarnegara, dr Masrurotut Daroen atau dr Rury, mengatakan, jika kondisi mendesak, demi menolong sesama ada kemungkinan bisa menambah jumlah tempat tidur pasien.

Hal lain yang dilakukan lainnya adalah upaya memperketat proses screening. Dimana jika terjadi pasien dengan gejala ringan hepatitis akut, seperti diare, mual muntah, maka dapat langsung di pisah dan ditangani lebih lanjut. “Di Instalasi Gawat Darurat kami berlakukan screening ketat dengan form dari Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan,” kata Rury.

Jika dalam screening terdapat pasien yang mengarah ke gejala hepatitis yang sesuai edaran pemerintah, maka tindakan berikutnya adalah memisahkan pasien dengan sistem isolasi pasien hepatitis dengan pasien lainnya.

Di samping itu, menggencarkan upaya pencegahan, dan edukasi dengan menyebar flyer menggunakan sosial media, dan penyebaran informasi ke sekolah sekolah, dengan pertimbangan kekhawatiran jika hepatitis akut ini menyerang pada anak- anak.

Dokter jaga IGD RSI Banjarmegara dr Tegar Jati Kusuma, mengatakan, mengatakan, hingga kini belum ada pasien mengarah ke hepatitis akut. IGD sudah mulai memberlakukan skrining ketat agar tidak terjadi pasien infeksius tercampur dengan pasien lainnya. (Mad)

BERITA REKOMENDASI