RSI Gelar ‘November Bulan Sehat dengan Teknologi Digidoc’

Editor: Agus Sigit

BANJARNEGARA,KRJOGJA.com – Program November Bulan Sehat dengan Teknologi Digidoc digelar di Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara pada November 2021. Teknologi Digidoc merupakan platform kesehatan telemedicine dilengkapi alat remote medical consultation (RMC). Ini selangkah lebih maju dibandingkan telemedicine telekonsultasi lainya.

“Selama November, kami adakan pemeriksaan kesehatan secara gratis selama sebulan penuh,” kata Direktur RSI Banjarnegara, dr Agus Ujianto, Minggu (31/10). RMC adalah alat kesehatan berbasis mesin yang langsung terkoneksi dengan smartphone, sehingga memudahkan cek kesehatan dan dapat terintegrasi.

Dalam pada itu, pelaksana harian bupati Banjarnegara, Syamsudin, mengatakan, Pemkab memberikan restu dan dukungan. “Berbagai upaya pelayanan semacam sudah seharusnya didukung karena akan bermanfaat untuk masyarakat,” ujarnya. Sampai saat ini Banjarnegara masih berfokus pada kesehatan, agar bisa bertahan dan bangkit di tengah pandemi.

Syamsudin mengatakan, kesehatan digital dan kedokteran digital adalah sebuah keniscayaan. Mau tidak mau, siap tidak siap, masyarakat harus menerima dan menyiapkan diri meghadapi era digital ini. Berkaitan dengan acara pemeriksaan kesehatan gratis selama bulan November, Syamsudin mengatakan, karena menggunakan alat canggih, juga terkoneksi dengan telemedicine, sehingga diharapkan bisa menjawab persoalan tentang kesehatan.

Menurut Direktur RSI Banjarnegara, dr Agus Ujianto, di Banjarnegara telah dilakukan penjajakan pemeriksaan kesehatan berbasis digital ini lebih kepada 2.000 orang, tersebar ke seluruh pelosok Banjarnegara. Selain RSIU, sejumlah klinik yang tersebar di Kecamatan Batur, Pagentan, Klampok, dan beberapa titik lainnya sudah memanfaatkan RMC. (Mad)

BERITA REKOMENDASI