Sahabat Ganjar Ajak Santri Jawa Tengah Jadi Wirausahawan Kreatif dan Inspiratif

Editor: Ary B Prass

BANJARNEGARA, KRJOGJA.com – Setelah sukses menggelar aksi Grebek Ponpes yang dilakukan pada 21 – 22 Oktober, relawan Sahabat Ganjar menggelar seminar mengenai “Santri Kreatif Santri Muda Inspiratif” dan lomba bertema Cipta Kreasi Wirausaha Santri Berprestasi, Minggu (24/10/2021). Pondok Pesantren Tanbihul Ghofiliin – Alif Baa, Mantrianom, Banjarnegara menjadi tuan rumah gelaran tersebut.

Kegiatan dibuka dengan seminar singkat yang bertema Santri Kreatif Santri Muda Inspiratif yang menghadirkan narasumber A Jaka Saptana DPP Sahabat Ganjar, Bambang Wahyuono Ketua HIPMIKINDO (Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia) Jawa Timur dan Sarbiyanto, Redaktur Ekonomi dan Wacana Suara Merdeka. Seminar tersebut berfokus pada kiat-kiat menggali potensi santri untuk mengembangkan peluang usaha di masa pandemi.

Salah satu pembicara, Sarbiyanto, menyampaikan ada 5 poin penting menjadikan pesantren sebagai wadah wirausaha yang sukses. Menurut dia cara berwirausaha sudah diajarkan Rasulullah SAW.

“Para santri ini bisa menjadi santripreneur (santri wirausaha/santri pengusaha) untuk mewujudkan pesantrenpreneur (pesantren wirausaha) yang sukses. Kita meneladani Rasulullah,” ucap Sarbiyanto.

Dalam lomba cipta kreasi sendiri, tercatat 10 pondok pesantren yang ada di Jawa Tengah ikut serta. Perlombaan tersebut bertujuan untuk mengasah ide wirausaha yang dimiliki santri.

Sebelumnya, Sahabat Ganjar menggelar berbagai kegiatan di Tegal, Pemalang, Purbalingga, Purwokerto dan ditutup di Banjarnegara. Seminar diikuti lomba membuat banyak muncul ide wirausaha menggunakan aset yang sudah dimiliki pondok pesantren dan merepresentasikan konsep usaha yang akan dijalankan.

“Sahabat Ganjar tidak berhenti untuk memotivasi para santri khususnya di Jawa Tengah mengenai berwirausaha. Kami berharap dengan adanya seminar dan lomba ini, para santri dapat mengimplementasikan ide-ide kewirausahannya ke kehidupan sehari-hari,” tutur Bambang Wahyuono selaku ketua DPW Sahabat Ganjar Jawa Timur.

BERITA REKOMENDASI