Sandiaga Uno Terpesona Keindahan Teluk Penyu

CILACAP, KRJOGJA.com – Sebelum blusukan ke sejumlah pasar dan bertemu pedagang, Calon wakil presiden Sandiaga Salahuddin Uno menjajal lari diatas trekdam atau breakwater atau bangunan pemecah gelombang di Pantai Teluk Penyu Cilacap, Jumat (14/12/2018). 

Lari menyusuri bangunan trekdam sepanjang 100 meter itu membutuhkan nyali, karena jika bernasib naas maka akan terjatuh ke laut.  Namun karena diperkirakan kondisi badan sehat karena rajin berolahraga, sehingga Sandiaga pun dapat menyelesaikan lari diatas trekdam tanpa kendala. Selanjutnya mantan Wakil Gubernur DKI itu  lari untuk berkunjung ke obyek wisata Benteng Pendem yang berlokasi di Pantai Peluk Penyu, di sebelah area 70 Pertamina Cilacap.  Benteng Pendem merupakan bangunan peninggalan Belanda di pesisir pantai Teluk Penyu  yang dibangun pada tahun 1861. 

"Lari kali ini saya mengunjungi dua titik pariwisata di Cilacap. Ini kalau dikelola dengan baik, bisa menjadi destinasi wistata Menyusuri pantai sambil menikmati keindahannya. Dermaganya (Trekdam) instagramable banget, bentengnya juga asik untuk trek lari,” katanya.

Di Pantai Teluk Penyu terdapat 10 trekdam dengan panjang masing-masing sama. Trekdam tersebut Pertamina untuk mengatasi abrasi, sekaligus sebagai pengamanan terhadap keberadaan sejumlah tangki penampung minyak mentah sebelum diproses di kilang minyak Refenery Unit IV Lomanis.

Trekdam tersebut selama ini telah dimanfaatkan masyarakat Cilacap untuk kegiatan memancing ikan dan berwisata. Memang pada saat-saat tertentu masyarakat dilarang melintasi trekdam itu, terutama ketika terjadi gelombang tinggi pada musim angin Timur maupun angin Barat.(Mak)

BERITA REKOMENDASI