Sapa Warga Cilacap, Presiden Naik Perahu 

Editor: Ary B Prass

CILACAP, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan serangkaian  kunjungan kerja ke Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (23/9/2021). Dalam kesempatan itu, presiden melakukan penanaman mangrove di Kelurahan Tritih Kulon Kecamatan Cilacap Utara, meninjau pelaksanaan vaksinasi pelajar di SMAN 2 Cilacap, meninjau pelaksanaan vaksinasi pelajar di perkampungan nelayan Sentolo Kawat, Kelurahan Cilacap, Cilacap Selatan dan melepas tukik ke laut lepas di Pantai Kemiren Kelurahan Tegal Kamulyan, Cilacap Selatan.

Usai penanaman mangrove, Presiden Joko Widodo mengatakan, rehabilitasi mangrove itu harus dilakukan  untuk memulihkan dan melestarikan kawasan mangrove, mengantisipasi perubahan iklim yang sedang terjadi,  memitigasi perubahan iklim yang ada. Diharapkan penanaman mangrove tersebut dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air laut, memperbaiki lingkungan pesisir dan habibat  di pantai.

“Yang kita harapkan berdampak pada peningkatan produksi ikan dan hasil laut lainnya, terutama kepiting, dan dapat meningkatkan pendapatan di pesisir pantai ini, “katanya.

Dijelaskan, rehabilitasi mangrove akan terus dilakukan, baik oleh badan restorasi gambut dan mangrove serta  Kementrian lingkungan  hidup dan kehutanan.
“Target kita di tahun 2021, seluas 34.000 hektar di seluruh Tanah Air,” lanjutnya.

Di luar agenda, Jokowi juga menyempatkan diri menaiki perahu kayu milik nelayan untuk menyapa warga. (Otu)

 

BERITA REKOMENDASI