Sedang Digarap, Potensi Wisata Alam Curug Orak Arik

Editor: Ary B Prass

BANYUMAS, KRJOGJA.com– Curug Orak Arik ketinggian sekitar 70 meter dengan panorama alam yang indah serta masih alami, berada di Desa Kemutug Kidul, Baturraden, Banyumas, sedang digarap oleh Pemerintah Desa (Pemdes) setempat.
Kepala Desa Kemutug Kidul, Kardi Daryanto, Minggu (18/7/2021) kepada KRJogja.com menjelaskan pihaknya sedang menggarap potensi wisata Curug Orak Arik yang ada di desanya.
Warga bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas membuat jalan setapak dengan  cor beton melalui program padat karya. “Ada 50 orang yang diterjunkan untuk membuat jalan setapak menuju wisata alam Curug Orak Arik,” kata Kardi Daryanto saat memimpin kerja.
Menurutnya dengan dibuatkan jalan setapak setidaknya wisatawan yang akan berkunjung tidak begitu sulit, mengingat jalan yang menuju ke wisata Curug Orak Arik berada di tengah sawah dan kebun milik warga.
Diharapkan dengan jalan yang tidak sulit wisatawan yang datang tidak mengalami kendala. Kemudian wisata Curug Orak Arik bisa berkembang dan bisa meningkatkan laju perekonomian warga setempat dengan menjual daganganya, dan diharapkan bisa menambah pemasukan desa.
Saat mengunjungi wisata Curug Orak Arik, pemandangan kanan kiri menuju lokasi sangat indah, hamparan sawah, ada pula hutan rakyat. Saat ini belum ada tiket atau restribusi yang dikenakan bagi wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alam tersebut.
Untuk menuju wisata alam tersebut wisatawan bisa menuju Desa Kemutug Kidul, Baturraden, dengan mengendarai sepeda motor dan mobil kecil.
Dari sawah milik warga, wisatawan harus jalan kaki sekitar satu kilometer dengan menyusuri jalan setapak hingga menuju wisata Curug Orak Arik. (Dri)
Caption : o)
Warga membuat akses jalan menuju wisata Curug Orak Arik. (Foto:Driyanto)

BERITA REKOMENDASI