Sekali Rapat, 3 Sapi 3 Kambing Terkumpul

Editor: KRjogja/Gus

TEGAL (KRjogja.com) – Berkat kebersamaan dan kesadaran yang tinggi untuk berkurban, pengurus masjid 'Nurul Islam', di jalan Sawo barat, Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal barat, kota Tegal, tidak sulit untuk mengumpulkan hewan kurban baik sapi maupun kambing.

Bahkan tanpa dibentuk kepanitian khusus Idul Adha, dalam waktu singkat terkumpul 3 ekor sapi yang harganya per ekor mencapai Rp 19.500.000. Dari sejumlah sapi yang siap dipotong untuk kurban itu, salah satunya dari seorang muzaki bernama Cayanto. Termasuk terkumpul 3 ekor kambing.

"Seperti pengalaman Idul Adha tahun sebelumnya, alhamdullillah, hanya dengan waktu singkat, pertama rapat bisa terkumpul 3 ekor sapi, mungkin sampai dengan menjelang hari H, bisa terkumpul sekitar 5 hingga 6 ekor sapi, kalau kambing kemungkinan bisa mencapai 5 ekor," ujar Ketua masjid Nurul Islam, Arifulah SH, saat ditanya KRjogja.Com, usai rapat, Minggu (21/8-2016).

Arifulah menambahkan, setiap muzaki tidak dibebani biaya potong atau tetel daging, karena untuk masalah potong ditangani sendiri dan gratis. Setiap kali penyembelihan hewan kurban, di masjid kami ini muzaki tidak dibebani biaya potong, karena yang motong saya sendiri dan gratis. Untuk seekor sapi dengan harga itu bisa mencapai bobot 350 kg, tutur Arifulah yang juga Kasie Pemerintahan Kelurahan Mardagana Tegal.

Sementara menurut Pembina masjid Nurul Islam, KH Kholil Hanapi SH, mudahnya mengumpulkan heqan kurban itu, karena didasari sara ketakwaan atas perintah Allah kepada umat islam untuk berkurban, seperti tingginya ketakwaan Nabi Ibrahin saat disuruh oleh Allah untuk menyembelih putranya sendiri Ismail.

"Kalau kita kan disuruh untuk menyembelih hewan kurban, coba kalau kita disuruh menyembelih anak sendiri pasti tidak ada yang sanggup. Dan bagi umat Islam yang taqwa, maka merasa ringan untuk berkurban meskipun keuangan tidak begitu melimpah," ujar Kholil. (Ryd)

 

 

BERITA REKOMENDASI