Setahun Digunakan, Underpass Jenderal Soedirman Hari Ini Diresmikan

Editor: KRjogja/Gus

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Sudah satu tahun digunakan Underpass Jenderal Soedirman Purwokerto dan Overpass Kebasen, Banyumas, Kamis (15/10/2020) baru diresmikan oleh Dirjen Perkeretaapian, Ir. Zulfikri, M.Sc., DEA. dan Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan batu prasasti oleh Bupati Banyumas dan Dirjen Perkeretaapian di Kampung Underpass Jenderal Soedirman Purwokerto.

Sebelumnya peresman dua bangunan itu direncanakan diresmikan pada awal tahun 2020. Namun karena suatu hal, baru dilaksanakan kemarin.

Dirjen Perkeretaapian, Ir. Zulfikri, M.Sc., DEA. mengatakan Pemerintah selalu berkomitmen dalam keselamatan transportasi. “Keselamatan menjadi hal utama yang harus dipenuhi. Pembangunan Underpass Jenderal Soedirman dan Overpass Kebasen menjadi salah satu bukti kongkrit komitmen itu dilakukan,” kata Zulfikri.

Dijelaskab dalam Undang Undang Nomor 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian, sudah diamanatkan bahwa perpotongan jalur kereta api dan jalan harus dibuat tidak sebidang. “Oleh karena itu, apa yang kita lihat sekarang. Yaitu pembangunan Underpass Jenderal Soedirman dan Overpass Kebasen. Adalah sesuai amanat Undang-undang tersebut,” ungkapnya.

Bupati Banyumas Achmad Husein dalam kesempatan tersebut sempat menceritakan sebelum Underpass Jenderal Soedirman dibangun, di perlintasan kereta api membuat kemacetan dan menghambat lalu lintas warga.

BERITA REKOMENDASI