Sidang Perda Masker, 16 Pelanggar Didenda Rp 7 Ribu

Editor: KRjogja/Gus

BANYUMAS, KRJOGJA.Com – Untuk pertama kalinya di Indonesia warga yang tidak menggunakan masker di tempat umum dan keramaian harus menjalani proses hukum hingga di pengadilan.

Dalam sidang pelanggaran tidak menggunakan masker Jumat (8/5/2020) digelar di Pengadilan Negeri (PN) Banyumas dengan dengan hakim tunggal Jastian Afandi, mevonis 16 terdakwa tindak pidana ringan (Tipiring) pelanggar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2020 tentang pencegahan penanggulangan penyakit atau yang dikenal Perda Masker denda Rp 7 ribu dan biaya perkara Rp 3 ribu, atau diganti dengan kurungan selama tiga hari.

Pelaksanaan sidang perdana kasus Tipiring tidak menggunaan masker di Kabupaten Banyumas digelar secara video teleconfrence. Dalam sidang perdana itu digelar di dua tempat terpisah, yakni Pendopo Kecamatan Banyumas dan Pengadilan Negeri Banyumas.

“Memutuskan, secara sah bersalah melanggar tindak pidana ringan tidak menggunakan masker di dalam dan di luar ruangan dengan didenda sebesar Rp 7 ribu atau diganti dengan kurungan selama tiga hari,” kata Hakim, Jastian Afandi.

BERITA REKOMENDASI