SMKN 1 dan SMPN 4 Purwokerto Jawara Jumbara

Editor: Ivan Aditya

BANYUMAS, KRJOGJA.com – Setelah mengikuti berbagai  kegiatan yang dilombakan  SMK Negeri 1 Purwokerto, SMP Negeri 4 Purwokerto dan SD Negeri Legok Kebasen menjadi juara umum dalam kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) ke 25 yang digelar Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyumas yang berlangsung selama 4 hari dari Jumat (30/08/2018) hingga Senin (03/09/2018) di Lapangan Desa Kemutugkidul Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas mengantarkan Kegiatan itu ditutup Asisten Ekonomi Pemerintahan dan Kesra (Asekbangkesara) Sri Yono Senin (03/09/2018).

Ketua PMI Kabupaten Banyumas Dibyo Yuwono, mengatakan jumbara sebagai ajang temu para relawan kemanusiaan yang tergabung dalam PMR semua tingkatan mulai dari tingkat SD (mula), SLTP (madya) dan SLTA (wira) di Kabupaten Banyumas. Jumbara diisi dengan berbagai kegiatan pelatihan dan aneka lomba dan diikuti sedikitnya 4000 PMR bersama pendamping.

“Selain sebagai ajang silaturahmi, jumbara dilaksanakan sebagai ajang evaluasi pembinaan yang dilakukan selama ini. Kemudian menambah ketrampilan, mengingat PMR Banyumas pada Jumbara Tingkat Propinsi berhasil menjadi juara umum,” kata Dibyo.

Sementara itu Ketua Panitia Irsyad Priambodo mengatakan Jumbara merupakan agenda rutin tahunan, sebagai sarana pembinaan bagi anggota PMR dengan materi utama kepalangmerahan dan sanisatasi kesehatan. Peserta juga mengikuti berbagai lomba yang digelar sebagai upaya peningkatan ketrampilan mereka.

Tampil sebagai juara tingkat Wira (SLTA) adalah juara umum 1 SMKN 1 Purwokerto, diikuti juara umum 2 SMAN 1 Sokaraja dan SMAN 1 Purwokerto juara umum 3. Sedangkan tingkat Madya (SMP) Juara Umum 1 SMPN 4 Purwokerto, juara umum 2 SMPN 1 Ajibarang dan Juara Umum 3 SMPN 1 Purwokerto.

“Untuk tingkat mula (SD) juara umum 1 SD Negeri Legok Kebasen, diikuti juara umum 2 SD Negeri Cindaga Kebasen dan juara umum 3 SD Negeri 3 Karangpucung Purwokerto Selatan, selain itu juga diserahkan penghargaan peserta Favorit yaitu PMR Wira SMK Bina Teknologi Purwokerto” katanya.

Irsyad menambahkan kemampuan peserta hampir merata, sehingga hampir semua peserta mendapat penghargaan. “Penghargaan Juara umum diberikan peserta yang berhasil mengumpulkan point tertinggi dari semua mata lomba,” jelasnya. (Dri)

BERITA REKOMENDASI