SMP Negeri 5 Purwokerto Pameran 153 Parikan Banyumasan

Editor: KRjogja/Gus

BANYUMAS (KRjogja.com) – Dalam rangka mengisi kegiatan Ramadan, selama sepekan mulai Senin (5/6) hingga selasa (13/6) SMP Negeri 5 Purwokerto meramaikannya dengan Pameran 153 Parikan Banyumasan karya penulis sastra Banyumasan, Cipto Pratomo. Karena untuk meramaikan Ramadan, parikan (pantun) Banyumasan karya Cipto Pratomo yang juga guru senirupa sekolah tersebut lebih banyak memaparkan parikan dalam tema yang terkait dengan suasana puasa.

"Dari 153 karya sastra yang saya pamerkan di dinding Loby lorong masuk Aula SMP Negeri 5 Purwokerto untuk siswa dan masyarakat umum, sebanyak 10 buah berupa geguritan Banyumasan, dan 143 parikan Banyumasan" kata Cipto Pratomo, Jumat (9/6). Judul dan muatan isi parikan yang dipamerkan terbagi dalam parikan-parikan tentang ngabuburit, takjil, puasa, traweh, mudhik, saur, kraca, kolek, buka dan lainnya. 

Untuk geguritan dan parikan yang dibuat, selain menggunakan bahasa Jawa dialek Banyumasan menggunakan media kertas gambar ukuran A3 atau seperempat kertas manila dengan ditulis menggunakan spidol besar agar mudah dibaca.

Beberapa contoh parikan yang dipamerkan, antara lain 'Cumplung tiba pucuke teles, Rampung buka wetenge mules'. Ada lagi pantun karmina Banyumasan 'Kaki Karsa, nggawa seser bolong', Sasi puasa, aja pamer bokong'. Ada parikan menggelikan, 'Mangsan ketiga angine semribit, Puasa pertama wetenge melilit'. Njimot martil keliru botol, Nyokot takjil untu palsune pothol. Nyegget pete ambune semribit, Golet sore arane ngabuburit.
 
Kepala SMP Negeri 5 Purwokerto, Ibnu Tavip Martapa, mengatakan, kegiatan pameran sastra lokal seperti itu tergolong sangat unik dan bisa menjadi sarana hiburan yang mendidik serta tidak membosankan. "Ya, setelah saya juga turut membaca, isinya lucu-lucu, dan banyak yang terjadi sungguh-sungguh dikehidupan nyata. Dengan membaca serta menyimak, kami berharap siswa bisa berani mencoba membuat karya seperti itu. Ini karya sastra unik, penuh nasehat dengan gaya kocak" katanya.(Ero)

 

BERITA REKOMENDASI