Stok BBM Selama Libur Idul Adha Aman

CILACAP, KRJOGJA.com – Supply bahan bakar minyak (BBM) dari kilang PT Pertamina (Persero) Refinery Unit IV Cilacap bisa dipastikan tetap tercukupi selama Idul Adha 1441 Hijriah. Karena dalam operasinya, kilang terbesar yang dimiliki Pertamina itu akan tetap beroperasi operasionalnya guna memasok berbagai kebutuhan energi, khususnya BBM bagi masyarakat, di tengah pandemi Covid-19, dengan tetap menerapkan protokol Covid-19 secara ketat.

“Ini sudah menjadi komitmen kami untuk selalu menjaga keamanan dan kehandalan produksi guna memenuhi kebutuhan energi masyarakat,”ujar Hatim Ilwan, Unit Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina (Persero) Refinery Unit IV, Rabu (29/07/2020).

Adapun rincian stok premium saat ini di kilang Cilacap berada pada level 240 juta barel, pertamax 220 juta barel, pertadex 70 juta barel, solar 350 juta barel serta avtur di angka 165 juta barel.

Dengan stok sebesar itu, stok seluruh jenis BBM berada pada posisi angka aman. Khususnya Pulau Jawa, karena kilang Cilacap dapat memasok 60% kebutuhan BBM-nya. Bahkan tidak hanya menyediakan kebutuhan Propinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur, namun untuk memenuhi konsumsi masyarakat Bali serta Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Menurutnya, kilang minyak Cilacap sangat strategis karena berlokasi di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah karena berkapasitas olah crude (minyak mentah) mencapai 348.000 barel/hari atau sekitar 33,4% dari kapasitas kilang nasional. Adapun produk BBM yang dihasilkan, diantaranya, gasoline (premium dan pertamax), gasoil (solar dan dexlite), avtur, LPG, hingga bahan bakar boiler & furnace serta marine fuel. (Otu)

BERITA REKOMENDASI