Tahun Depan Terminal Bobotsari Direvitalisasi

Editor: KRjogja/Gus

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Kementerian Perhubungan bakal merevitalisasi terminal Bobotsari Purbalingga. Terminal Bobotsari terbagi menjadi dua bidang. Yakni timur dan barat. Rencananya revitalisasi akan dilaksanakan terlebih dahulu di sisi barat.

“Terminal Bobotsari merupakan origin destination (OD), yakni tempat pemberangkatan dan tujuan. Jadi sangat potensial. Sayangnya, walaupun statusnya terminal tipe A, tapi kondisinya sangat memprihatinkan,” tutur Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjenhubdar) Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, pada kegiatan Penyelenggaraan Program Padat Karya di Terminal Tipe A Bobotsari, Sabtu sore (5/9/2020).

Budi yang datang bersama anggota Komisi V DPR RI, Lasmi Indaryani itu menambahkan, pembangunan tahap awal akan dilaksanakan disisi barat untuk tempat parkir bus. Sedangkan sisi timur akan dibangun dengan skema Kerjasama Pemanfaatan (KSP).

“Saya melihat sisi timur terminal sangat bagus dibangun fasilitas perekonomian seperti Mall, dan tempat parkir wisata,” ujarnya.

Anggaran revitalisasi terminal Bobotsari Rp 25 miliar pada tahun anggaran 2021. Secara bertahap akan diselesaikan hingga menelan anggatan total Rp 40 Miliar.

Terkait program padat karya, kegiatan berups pemeliharaan terminal se Indonesia, termasuk Bobotsari. Program dengan anggaran total Rp 46 Miliar itu untuk memperkerjakan dan mengkaryakan masyarakat yang tidak memiliki ketrampilan dengan hanya untuk menyapu dan mengecat terminal.

“Hingga saat ini baru Rp 12 miliar yang dikeluarkan,” ujarnya. (Rus)

 

BERITA REKOMENDASI