Tak Bisa Dihindarkan, Vaksinasi Masal Picu Kerumunan

Editor: Ivan Aditya

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Kegiatan vaksinasi massal di Purbalingga justru menimbulkan kerumunan. Warga yang tengah mengantre divaksin duduk atau berdiri bergerombol. Kondisi seperti itu terjadi pada pelaksanaan vaksinasi di Pendapa Dipokusumo pada Senin lalu dan vaksinasi di kompleks stadion Goentoer Darjono Sabtu (26/06/2021).

“Petugas sudah berusaha maksimal mengatur sedemikian rupa supaya protokol kesehatan terjaga. Tapi karena antusiasme warga cukup tinggi hal itu tidak bisa dihindarkan,” tutur Wakapolres Purbalingga Kompol Sopanah Saat pelaksanaan vaksinasi massal yang diselenggarakan Polres Purbalingga di GOR Goentoer Darjono, Sabtu (26/06/2021).

Sopanah mengaku tidak mudah mengatur orang banyak. Petugas harus sabar dan telaten. Agar protokol kesehatan bisa terjaga juga dibutuhkan kesadaran warga.

“Kan sayang kalau vaksinasi masal yang tujuannya untuk menekan penyebaran COVID-19 tidak diimbangi dengan kehati hatian dan kerumununan,” ujarnya.

Pada pelaksanaan vaksinasi masal itu pihaknya sudah menyiapkan skema pengamanan untuk menghindari terjadinya kerumunan. Sejumlah personil dikerahkan agar jalannya agenda itu dapat berjalan kondusif.

Dalam kegiatan vaksinasi massal di kompleks stadion Goentoer Darjono itu ditargetkan melayani 700 orang. Dengan sasaran masyarakat kota 590 orang, dari karyawan pabrik 250, dari kalangan perbankan 22 dan sisanya masyarakat yang datang langsung.

Vaksinasi massal itu merupakan bagian dari program Serbuan Vaksinasi Nasional TNI-Polri Satu Juta Vaksin Sehari yang dilaksanakan serentak di 34 wilayah Kepolisian Daerah (Polda). Sekaligus memperingati Hari Bhayangkara. Salah satu kegiatannya di Polres Purbalingga digelar vaksinasi khusus bagi penyandang disabilitas.

Polres Purbalingga menyediakan 4 ribu dosis vaksin untuk warga PurbaIingga yang dilaksanakan di 20 lokasi, termasuk kompleks stadion Goentoer Darjono dan Mapolres. Dalam kegiatan itu, sedikitnya 20 orang penyandang disabilitas juga menjalani vaksin di Mapolres Purbalingga. (Rus)

BERITA REKOMENDASI