Tak Terkait PPP, Relawan Kabah Deklarasi Dukung Tiwi – Dono

Editor: Ivan Aditya

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Ratusan warga yang tergabung dalam Relawan Kabah menyatakan dukungannya pasangan bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati Dyah Hayuning Pratiwi – Sudono Pilkada Purbalingga 2020. Kendati deklarasi yang disampaikan di kedai Kopi Bathok Jumat sore (21/08/2020) itu didominasi kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan menggunakan logo kabah, Relawan Kabah diklaim sebagai aspirasi umat Islam di Purbalingga yang menginginkan petahana Dyah Hayuning Pratiwi melanjutkan kepemimpinannya bersama calon wakil bupati Sudono.

Deklarasi relawan Kabah dihadiri perwakilan dari 16 kecamatan. Hanya 2 perwakilan kecamatan yang tidak hadir yaitu Rembang dan Karangjambu. “Relawan Kabah memang menggunakan simbol kabah, tapi tidak identik dengan PPP. Kabah itu simbol umat islam. IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) juga menggunakan simbol kabah, kan?” tutur Koordinator Relawan Kabah KH Muhammad Syafii Abror disela-sela kegiatan deklarasi, Jumat (21/08/2020).

Selama proses dalam tahapan pemilihan bupati (pilbup) Purbalingga, kader dan pengurus PPP yang tergabung dalam relawan Kabah melepas atribut partai. Sikap politik relawan Kabah tersebut berseberangan dengan kebijakan DPP PPP yang memberikan rekomendasi kepada pasangan Muhamad Sulhan Fauzi-Zaini Makarim (Oji-Zaini).

Pasangan tersebut resmi maju di Pilkada Purbalingga dengan dukungan PKB, PPP, Nasdem dan Partai Demokrat. “Kami menghormati rekomendasi DPP PPP tersebut. Namun kami memiliki sikap politik yang lain,” tutur Wakil Ketua DPC PPP Purbalingga, Imron. (Rus)

BERITA REKOMENDASI