Talut Jalan Dibuat Asal-asalan, Komisi III DPRD Banjarnegara Kesal

BANJARNEGARA, KRJOGJA.com – Komisi III DPRD Banjarnegara dibuat kesal menyusul ditemukannya bangunan talut pengaman jalan dan leneng jembatan di beberapa proyek peningkatan jalan di Kabupaten Banjarnegara terkesan dibuat asal-asalan oleh rekanan pelaksana proyek.

Penyimpangan tersebut ditemukan saat komisi yang membidangi pembangunan itu melakukan inspeksi mendadak ke lokasi, Senin-Selasa (21/9/2021). Di ruas Jalan Kutayasa-Larangan Kecamatan Pagentan misalnya, talut dan leneng jembatan sudah rapuh meski baru dibuat dua bulan lalu.

“Saat kami coba pukul dengan tangan kosong, ternyata ambrol. Kami kecewa karena kualitasnya sangat jelek,” kata ketua Ketua Komisi III DPRD Banjarnegara, Ryan Aditya Wahyu Pradana, Rabu (22/9/2021).

Buruknya kualitas pekerjaan jalan yang merupakan bagian dari kegiatan peningkatan jalan se-Kecamatan Pagentan dengan nilai Rp 14,9 miliar dari APBD tahun 2021 itu, menurut Ryan, sangat disesalkan. “Meski talut merupakan bangunan pendukung, namun tidak bisa dikesampingkan. Jika bangunan pendukung tidak maksimal maka kualitas jalan juga tidak awet,” ujarnya.

Ryan mengatakan pula, saat inspeksi sebelumnya pada Juli 2021 masalah kualitas bangunan talut ruas Jalan Kutayasa-Larangan sudah disampaikan kepada Dinas PUPR. “Dengan tegas kami minta dibongkar dan penyedia jasa memperbaiki,” katanya.

BERITA REKOMENDASI