Tegangan Listrik Naik, Puluhan Lampu Warga di Cilacap Meletus

CILACAP, KRJOGJA.com – Tegangan listrik di jaringan Jalan Laban Kelurahan Kebonmanis, Kecamatan Cilacap Utara, Cilacap mendadak naik dari 220 volt menjadi 450 volt. Kondisi tersebut membuat puluhan alat elektronik, terdiri TV, kulkas, AC, mesin cuci, HP, kipas angin rusak mati mendadak. Bahkan ratusan lampu yang saat itu menyala mati dan meletus, terutama lampu jenis LED. Tegangan tinggi pada jaringan listrik rumah tangga itu berlangsung 6 jam lebih, sehingga masyarakat pelanggan PLN di Kelurahan tersebut dibuat bingung dan merugi 

"Sebenarnya pada pukul 02.00 dini hari kami sudah melapor kepada piket gangguan PLN melalui telepon, kemudian dilanjutkan melapor pada pukul 06.30 dengan mendatangi langsung kantor PLN unit Cilacap  Kota. Tetapi baru sekitar pukul 08.30, petugas PLN datang mengecek travo di sekitar Jalan Laban, " ujar Kentut warga Kebonmanis, Selasa (31/12). 

Hal senada diungkapkan Raswan, warga Jalan Laban mempertanyakan mengapa PLN tidak memberitahukan adanya perubahan tegangan di jaringan listrik sekitar daerahnya." Saya yakin kalau sebelumnya ada pemberitahuan kami dan warga tidak dirugikan dengan adanya peralatan elektronik rumah tangga yang rusak," katanya. 

Sedang Ketua RT 02 RW 07 Kelurahan Kebonmanis Wardoyo, membenarkan ada laporan warga yang melaporkan jika peralatan eletronik di rumahnya rusak-rusak akibat tegangan listrik naik mendadak." Ada sekitar 31 KK yang lapor peralatan elektronik rumah tangganya rusak," katanya.

Menurutnya, untuk memastikan jika ada kenaikan tegangan listrik mendadak di lingkungannya, pihak berupaya mengetesnya dengan menggunakan AVO meter, dan diketahui, saat itu tegangan listrik terbaca mencapai 450 volt." Saya kaget kok bisa begitu, yang kami heran itu ngga ada pemberurahyan dari PLN," ujarnya.

Manager Unit PLN Cilacap Kota Dafriyoko membenarkan, pada Malam Senin kemarin terjadi gangguan di sejumlah lokasi akibat petir. Diantaranya, LMS06 Jl Nusantara, Jl Tentara Pelajar, Tritih Kulon, Jeruklegi, Bandara Tunggul Wulung, Kreweng, Sumingkir, Lebeng, Jambusari. SNT04 (Jl Laban, Perum Ketapang, Jl Bayur, Kuripan, Jl Wuni, Jl Pucang, Jl Sandang, Jl Rawa Bendungan, Jl Kanguru, Jl Munggur Barat, Munggur Timur, Jl Gang geng, Jl Tawes, Jl Lele, Jl Diponegoro, Jl Bali, Jl Laut Menganti, Jl Lingkar Timur, Selarang dan Jl Sumur Gumuling).

"Tim kami langsung turun untuk membenahi gangguan tersebut. Bahkan Petugas kami tidak tidur, karena harus membenahi jaringan hingga Senin siang," katanya.

Dijelaskan, terkait dengan gangguan yang terjadi di Jalan Laban, ada warga yang melaporkan tentang kerusakan peralatan elektroniknya yang rusak-rusak." Kami telah meminta Supervisor Ciko atau Cilacap Kota untuk mengeceknya, "katanya. Jika sudah ada laporan hasil pengecekan, pihaknya akan menindaklanjutinya. (Otu)

BERITA REKOMENDASI