Terdampar di Sungai Kalenwadas, Ikan Paus Dievakuasi

Editor: KRjogja/Gus

CILACAP, KRJOGJA.com – Dalam terluka di sekitar perut, ikan Paus (Cetus) sepanjang sekitar 8 meter ditemukan terdampar di Sungai Kalenwadas, Desa Ujungmanik Kecamatan, Kawunganten, Cilacap, Sabtu (21/12). Karena saat ditemukan masih dalam keadaan hidup di sekitar hutan mangrove, sehingga petugas dan nelayan dan warga berupaya mengevakuasi ikan paus tersebut hingga kemudian dilepas di laut Selatan Cilacap.

 

"Karena saat dilakukan evakuasi air laut sudah pasang kembali, sehingga nelayan dan warga Desa Ujungmanik, Kawunganten, berhasil menarik ikan paus itu ke perairan dalam hingga sampai ke laut," ujar Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto melalui Kapolsek Kawunganten AKP Gatot Sumbono.

Menurutnya, awalnya ikan paus itu ditemukan Edi Santoso (36) nelayan, warga RT01/03 Desa Ujungmanik, Kawunganten, saat berangkat melaut menangkap ikan. Ketika tengah menyusuri Sungai Kalenwadas, Ujungmanik, Kawunganten, melihat seekor ikan besar jenis paus terdampar di tepi sungai sekitar hutan mangrove.

Selanjutnya, Edi melaporkan ke aparat desa setempat, yang diteruskan ke Polsek Kawunganten, Satpolair, Lanal dan BKSDA (Balai Konservasi  Sumber Daya Alam) Seksi Konservasi II Cilacap-Pemalang. Petugas dibantu warga dan nelayan Ujungmanik berupaya mengevakuasi ikan paus tersebut dengan cara menarik pelan-pelan ikan paus tersebut ke tengah sungai. Apalagi saat itu, air laut mulai pasang kembali, sehingga memudahkan mereka menarik hingga muara Bengawan Donan. Kemudian ikan laut itu digiring ke laut lepas atau perairan laut Selatan Cilacap. (Otu)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI