Terdengar Ledakan dan Getaran Kuat, Pabrik Semen Cilacap Terbakar?

CILACAP, KRJOGJA.com – Terdengar suatu ledakan keras disertai getaran yang cukup kuat dari komplek pabrik semen milik PT SBI (Solusi Bangun Indonesia) Cilacap, Sabtu (10/10/2020) sekitar pukul 12.45. Kerasnya suara ledakan dan tinggi getarannya sempat membuat warga Kelurahan Karangtalun dan Tritih Kulon Cilacap Utara yang bermukim di sekitar pabrik berhamburan keluar rumah.

Warga menyelamatkan diri lantaran mengira terjadi kebakaran di pabrik semen itu. Kepulan asap yang bercampur debu semen terlihat menyembul dari sekitar daerah kiln (Tempat pembakaran material semen) yang menjadi jantung dari proses produksi semen tersebut. Kondisi itu berlangsung setengah jam, dan selanjutnya meredup hingga dua jam kemudian. “Itu paling bloking matrial di sekitar kiln, karena baru jam 11 siang tadi beroperasi kembali setelah terhenti,”ujar pekerja.

Corporate Communication PT SBI, Deni Nuryandain, membenarkan operasional pabrik semen PT SBI tbk Cilacap mengalami gangguan operasi pada Sabtu (10/10/10), sekitar pukul 12.40. “Gangguan saat ini sedang dalam penanganan dan tidak menimbulkan kecelakaan kerja,”katanya.

Dijelaskan, kejadian tersebut hanya berlangsung di unit pembakaran, sedang unit lainnya seperti penggilingan dan pengantongan semen serta pengiriman semen ke masyarakat atau konsumen berjalan normal atau tidak mengalami gangguan.

“Saat ini gangguan sedang kami tangani dan bisa terkendali, kami mohon maaf atas kejadian ini apabila mengganggu kenyamanan warga saat bertepatan dengan hari libur,” lanjutnya.

Selanjutnya, pihak managemen akan segera melakukan evaluasi secara menyeluruh agar tidak terulang kembali.(Otu)

BERITA REKOMENDASI