Terduga Corona di Purbalingga Dirujuk ke RS Margono Soekaryo

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Setelah sempat seharian dikarantina di ruang isolasi RSUD Goeteng Tarunadibrata (GT) Purbalingga, terduga positif virus Corona dirujuk ke RS Margono Soekaryo (MS) Purwokerto, Minggu (15/3/2020) malam. Perempuan warga Depok Jabar yang tengah berkunjung ke Purbalingga itu dirujuk ke RS MS karena rumah sakit itu merupakan rujukan lini pertama bagi terduga pengidap virus Covid 19.

“Tapi statusnya masih suspect, terduga. Hasilnya positif atau negatif nanti setelah ada pemeriksaan usapan lendir pasien,” tutur Direktur RS GT, Dr. Nonot Mulyono, Minggu (15/3/2020) malam.

RS MS mempunyai fasilitas untuk usapan lendir pasien yang selanjutnya akan dikirim ke laboratorium Kementerian Kesehatan di Jakarta. Hasil pemeriksaan di laboratorium itulah yang menentukan pasien tersebut positif atau negatif.

Nonot menambahkan, perempuan berusia 57 tahun itu datang ke RSUD GT dengan keluhan sesak nafas pada Minggu pagi. Ketika diperiksa, suhu tubuhnya lebih dari 38 derajat celcius. Gejala yang mengindikasikan kemungkinan pasien terjangkit virus Corona. Kendati gejala serupa juga biasa dirasakan pasien yang mengidap penyakit lain, seperti tuberculosis alias TBC.

“Jadi merujuk pasien ke RS Margono Soekaryo merupakan langkah antisipatif. Kalau ternyata bukan karena virus Corona, ya alhamdulillaah. Tapi kalau benar karena virus itu, kami sudah melakukan prosedur yang benar,” ujarnya.(Rus)

BERITA REKOMENDASI