Terima Remisi, Empat Napi Kasus Terorisme Bebas

Editor: Ivan Aditya

CILACAP (KRjogja.com) – Sebanyak 819 orang warga binaan di sejumlah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan dan Cilacap mendapatkan remisi atau pengurangan hukuman dalam rangka peringatan HUT ke-71 Republik Indonesia, Rabu (17/08/206). Dari sejumlah warga binaan yang mendapatkan remisi itu 24 orang diantaranya dinyatakan langsung bebas.

"Dari 24 warga binaan yang bebas itu 4 diantaranya terlibat kasus terorisme," ujar Koordinator Lapas Nusakambangan, yang juga Kepala Lapas Batu, Abdul Haris.

Sebanyak 4 napi yang bebas tersebut yakni Ade Miros alias Asbak alias Adam bin Muhamad (42) warga Pandeglang Jawa Barat (Jabar), Laode bin Rabaho (32) warga Tanjung Barat Jakarta Selatan, Hendra Ali alias Ali bin Maskur (33) warga Belawan Sumatera Utara (Sumut) ketiganya terlibat kasus pelatihan militer di Gunung Jalin Kecamatan Janto Aceh. Seorang lagi yakni Iswahyudi alias Is (32) warga Purworejo Jawa Tengah (Jateng) terlibat dalam jaringan kelompok Abu Umar.

Dijelaskan Abdul Haris, dari 819 orang warga binaan di Nusakambangan dan Cilacap yang mendapatkan remisi itu berasal dari Lapas Batu 168 orang dengan 3 orang diantaranya langsung bebas, Lapas Besi 108 orang dengan 4 orang langsung bebas, Lapas Narkotika 99 orang, Lapas Kembang Kuning 110 orang dengan 6 orang bebas. Selain itu dari Lapas Permisan 97 orang dengan 2 orang bebas, Lapas pasir Putih 106 orang dengan 3 orang bebas, Lapas Cilacap 148 orang dengan 5 orang bebas dan Lapas Terbuka Nusakambangan 6 orang dengan satu orang bebas. (Mak)

BERITA REKOMENDASI