Teror Tawon Ndas Landa Cilacap

Editor: Ivan Aditya

CILACAP KRJOGJA.com – Teror serangga jenis Tawon Balu atau Tawon Ndas atau Tawon Vespa (Vespa Affinis) tengah menghinggapi warga Cilacap. Hal itu dikuatkan dengan banyaknya permintaan bantuan dari masyarakat masyarakat ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kabakaran (Damkar) Satpol PP Cilacap sejak awal Desember 2019, guna membebaskan rumah atau pekarangan warga dari sarang tawon prediator mematikan itu.

"Terakhir, permintaan bantuan dari Ny Suwartiningsih warga RT08/RW04 Dusun Bayeman Lor Desa Gentasari, Kecamatan Kroya, Cilacap," ujar Kepala UPT Damkar Supriyadi, Kamis (05/12/2019).

Sarang serangga itu berada di suatu pohon dengan ukuran cukup besar di pekarangan rumahnya. "Posisi sarang tidak begitu tinggi, sehingga pemilik rumah khawatir sewaktu-waktu dapat menyerang siapapun yang melintas dekat sarang serangga itu," lanjunya.

Menurutnya, dengan menurunkan tim Pos Damkar Kroya yang beranggotakan tiga orang telah berhasil mengevakuasi sarang serangga prediator mematikan itu. "Anggota kami surat terlatih, sehingga dalam mengevakuasi sarang serangga itu dapat dengan lancar dan aman," katanya.

Dijelaskan, sejak 2-4 Desember 2019, tercatat 8 permintaan bantuan untuk mengevakuasi sarang tawon Balu. Sedang permintaan bantuan evakuasi sarang serangga itu tercatat Januari-Desember 2019 sudah mencapai 63 kasus.

"Memang serangan serangga kalau hanya satu ekor tidak mematikan, tetapi serangga itu menyerang dengan beramai, sehingga orang yang diserang dipastikan bisa meninggal..Namun demikian, sejak Januari-Desember 2019, belum ada korban jiwa akibat serangan serangga tersebut," jelasnya. (Otu)

BERITA REKOMENDASI