Tiga Nelayan Ini Ditemukan Selamat

CILACAP (KRjogja.com) – Tugboat (TB) Oktianus 202 yang tengah berlayar menuju Cilacap, menemukan tiga nelayan Cilacap yang menumpang perahu jenis fibreglass terombang-ambing di perairan laut Selatan Purworejo, Sabtu (30/07/2016) sekitar pukul 06.30. Ketiga nelayan yang terdiri Marijan, Maidi dan Farid mengaku terombang ambing di tengah laut selama lima hari akibat perahu motor King Fish yang ditumpanginya mengalami kebocoran setelah dihantam badai, sehingga tidak bisa dikendalikan kemudinya.

Nakhoba TB Aktianus 202 yang menemukan ketiga nelayan itu langsung mengangkatnya ke tug boat itu dan kemudian mengikat perahu milik nelayan yang mengalami kebocoran itu pada lambung selanjutnya menariknya ke Cilacap. Saat itu, ketiga awak perahu ditemukan dalam keadaan lemah, sehinga dilakukan perawatan seadanya.

"Diperkirakan TB Oktianus akan tiba di Cilacap pada pukul 16.00 sore," ujar Koordinator Pos Basarnas Cilacap, Mulwahyono.

Dijelaskan beberapa hari lalu, Pos Basarnas Cilacap mendapatkan laporan warga tentang ada tiga nelayan Cilacap yang tidak kunjung pulang dari laut. Padahal mereka sudah melaut selama tiga hari. Sehingga dilakukan pencarian dengan mengontak elemen SAR yang ada di pesisir Selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Termasuk pula seluruh nakhoda kapal maupuan tugboat dan pala nelayan yang lalu lalang di Laut Selatan.

"Sabtu pagi, pos Basarnas Cilacap mendapatkan kontak dari Tugboat (TB) Oktianus 202 yang telah menemukan tiga orang nelayan awak perahu motor King Fish, yang selama ini dicari," lanjutnya. (Mak)

BERITA REKOMENDASI