Tiga Pilar Jadi Pendingin Jelang Pemilu

Editor: Ivan Aditya

CILACAP, KRJOGJA.com – Para Kepala Desa atau Lurah, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas diminta mampu menjadi mesin pendingin menjelang berlangsungnya Pemilu 2019, karena Lurah dan Kades itu unsur terdepan. Maka persoalan yang dihadapi di desa harus dikelola sehingga tidak muncul konflik khususnya Pemilu 2019.

"Saya berharap ketiga pilar itu merangkul seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat dan mampu mendingikan suasana, tidak terbawa euforia kontestasi,” ujar Kapolda Jawa Tengah Irjen Polisi Condro Kirono didampingi Pangdan IV Diponegoro Mayjend TNI Wuryanto seusai memimpin apel 3 pilar Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, ASN dan Kades di Mapolres Cilacap, Selasa (02/10/2018).

Apel tersebut diselenggarakan dalam rangka mewujudkan Pileg dan Pilpres 2019 yang aman dan damai di Kabupaten Cilacap, dihadiri Bupati Tatto Suwarto Pamuji, pejabat Forkopimda, komisioner KPU, Bawaslu, serta 700 peserta dari unsur Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Lurah dan Kades se-Kabupaten Cilacap. Dijelaskan, upaya meredam itu bisa dilakukan melalui pendekatan kegiatan seni, budaya dan olahraga maupun pengajian dan tabligh akbar.

“Lurah dan Kades bersama Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas bisa melakukan event olaraga, undangan tabligh akbar, tausiyah yang disupport oleh aparat kepolisian yang tujuannya mengelola agar kontestasi Pemilu tidak memanas,” lanjutnya.

Pihaknya juga meminta masyarakat untuk benar-benar menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu nanti sebagai bukti kriteria sebuah negara demokratis. Hal senada diungkapkan Pangdam IV Diponegoro Mayjend TNI Wuryanto, permasalahan di tingat desa hendaknya diselesaikan di tingkat terbawah sehingga tidak harus sampai ke pemerintah kabupaten maupun provinsi.

Menurutnya, jika ketiga pilar itu bersatu akan  menjadi sinergi semua potensi sehingga mampu mendeteksi semua permasalahan dari awal. Terkait dengan pengamanan Pemilu serentak 2019, pihaknya siap menurunkan  9.700 personel atau bahkan lebih atau menyesuaikan kebutuhan.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan pembacaan netralitas TNI, Polri, dan ASN sebagai komitmen sikap netral pada Pemilu 2019. (Otu)

BERITA REKOMENDASI