Tilang Elektronik Resmi Berlaku di Purbalingga

Editor: KRjogja/Gus

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Penegakan aturan lalu-lintas elektronik alias Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) resmi diberlakukan di, Selasa (23/3/2021). Dengan diberlakukannya ETLE, tidak ada lagi petugas yang menindak di jalanan.

“CCTV (Close circuit Televisi) yang terpasang di traffic light akan merekam dan menangkap gambar pengendara yang melanggar. Selanjutnya, akan diidentifikasi alamat pemilik dari nomor kendaraan,” tutur Kasatlantas Polres Purbalingga, AKP Fadli, Selasa siang (23/3/2021).

Selain CCTV pada traffic light, pada helm petugas di lapangan juga dilengkapi kamera portabel yang akan merekam wajah pelanggar. Wajah pelanggar itu akan dicocokkan dengan data foto SIM di Satlantas. Video hasil rekaman itu akan menjadi bukti bagi para pelanggar.

Paling lambat 3 hari, petugas akan mengirim akan mengirim surat konfirmasi pelanggaran terhadap pemilik kendaraan. Selanjutnya dalam kurun waktu maksimal 7 hari, pelaku pelanggaran harus mengkonfirmasi ke Satlantas dan selanjutnya membayar denda ke bank BRI.

BERITA REKOMENDASI