Tim Bedah RSI Banjarnegara Angkat Tumor 13 Kilogram

BANJARNEGARA,KRJOGJA.com – Tim bedah Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara berhasil mengangkat tumor seberat 13 kilogram yang ada pada tubuh Ihwan (50) warga Wiramastra Kecamatan Bawang Banjarnegara.

Penderitaan Ihwan cukup menyita perhatian warga sekitar tempat tinggalnya, karena perantau di Kalimantan Tengah yang pulang ke Banjarnegara sejak Februari lalu itu hampir tak tersentuh tindakan medis. Akibat faktor biaya dan minimnya akses ke fasilitas kesehatan, sehingga terjadi keterlambatan penanganan.

Direktur RSI yang juga ketua Tim Bedah, dr Agus Ujianto SpB, menyatakan, operasi pengangkatan tumor yang berada di daerah pangkal retro paritoneal pada ekor pankreas itu berlangsung sekitar dua jam.

Menurut dr Agus, tumor yang di tubuh Ihwan sudah besar dan terlambat screening, karena di Kalimantan jauh dari tempat pelayanan kesehatan. “Ia datang ke rumah sakit disana ketika sudah besar, dan dirujuk ke Jakarta. Tetapi karena terkendala biaya dan tidak ada sanak saudara, ia memilih pulang,” katanya.

Dr Agus berharap kondisi Ihwan pasca operasi membaik dan usus serta organ dalam yang tertekan tumor selama ini akan berfungsi seperti semula.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengatakan, biaya operasi tumor Ihwan ditanggung oleh Pemkab Banjarnegara dengan dana APBD. “Ini menjadi tanggungjawab Pemkab. Kami tidak bisa membiarkan warga kami kesusahan, apalagi soal keselamatan dan kesehatan. Dana APBD berasal dari rakyat, maka dikembalikan lagi kepada rakyat,” katanya. (Mad)

BERITA REKOMENDASI