Tim Kesehatan RSI Periksa Gus Yasin Secara Digital

Editor: Agus Sigit

BANJARNEGARA,KRJOGJA.com – Tim kesehatan Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara memeriksa kesehatan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin menggunakan alat Remote Medical Consultation (RMC), Minggu (26/9).

Gus Yasin dan Plh Bupati Banjarnegara Syamsudin mendukung digitalisasi kedokteran. Sebab, digitalisasi kesehatan akan menjawab persoalan persoalan kesehatan yang selama ini terjadi di tengah masyarakat, yaitu susahnya akses ke layanan kesehatan, dan masalah lainnya.

“Dulu saya berfikir tentang mobil kesehatan yang bisa masuk pelosok, ternyata sekarang sudah ada kedokteran digital, serta telemedicine yang mampu memberi manfaat efisiensi,” kata Gus Yasin.

RMC merupakan alat kesehatan berbasis mesin yang langsung terkoneksi dengan smartphone, sehingga memudahkan cek kesehatan dan dapat terintegrasi. “Alat yang ada selama ini berbasis jaringan internet. Coba basisnya bisa ditambah bukan hanya jaringan internet, tetapi juga dengan basis satelit,” ujar Gus Yasin.

Untuk diketahui, di Banjarnegara telah dilakukan penjajakan pemeriksaan kesehatan berbasis digital ini lebih kepada 1.000 orang, tersebar ke seluruh pelosok Banjarnegara. Salah satu tempat yang sudah dilatih dan praktik menggunakan alat digital adalah Pondok Pesantren Tanbighul Ghofiliin Mantrianom.

“Masyarakat luas saja bisa, apalagi pondok pesantren yang memiliki pos kesehatan lengkap dengan dokter dan perawatnya. Ini akn semakin mudah,” kata Gus Yasin pula.

Plh Bupati Banjarnegara, Syamsudin, mengatakan, kesehatan digital dan kedokteran digital adalah sebuah keniscayaan. “Mau tidak mau, siap tidak siap, masyarakat harus menerima dan menyiapkan diri meghadapi era digital ini,” katanya. Ia menambahkan, dalam menuju digitalisasi yang terpenting adalah persiapan di bidang sumber daya manusia. Persoalan alat penunjang akan jauh lebih mudah. (Tar)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI