Tingkatkan Layanan Masyarakat BPJAMSOSTEK Purwokerto Optimalkan MPP

Editor: Ivan Aditya

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Untuk mengoptimalkan pelayanan publik atau masyarakat BPJAMSOSTEK Cabang Purwokerto, Jawa Tengah menggandeng Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Banyumas.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Purwokerto, Agus Widiyanto, Sabtu (30/07/2022) mengatakan pengoptimalan pelayanan dengan menggandeng MPP dalam rangka mendukung arahan Direktur Utama BPJAMSOSTEK untuk mempermudah pekerja mendapatkan informasi jaminan sosial ketenagakerjaan, mendaftar menjadi peserta hingga melakukan pengajuan klaim melalui MPP.

“Kami akan mengoptimalkan pelayanan untuk para peserta BPJAMSOSTEK di MPP Kabupaten Banyumas agar dapat memberikan pelayanan kepada publik yang terbaik terkait Jaminan Sosial Ketenagakerjaan,” kata Agus Widiyanto.

Agus menambahkan saat ini BPJAMSOSTEK Purwokerto sudah memberikan pelayanan kepada peserta di MPP Kabupaten Banyumas sejak tahun 2019. Pelayanan yang diberikan di MPP yaitu seperti informasi terkait pendaftaran kepesertaan Penerima Upah (PU), Bukan Penerima Upah (BPU), Jasa Konstruksi dan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Khusus untuk PMI, dapat melakukan pencetakan kartu kepesertaan program BPJAMSOSTEK khusus untuk PMI.

Sebelumnya pemerintah terus berupaya untuk mempercepat penyelenggaraan MPP di seluruh penjuru Indonesia. Salah satu upayanya adalah dengan menggandeng sejumlah kementerian, lembaga, BUMN, dan Badan Hukum Publik untuk berkomitmen menyediakan layanan di MPP.

Setidaknya ada 17 instansi termasuk BPJAMSOSTEK sepakat untuk menandatangani nota kesepahaman percepatan penyelenggaraan MPP. Pada penandatangan nota kesepahaman hadir Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin beserta Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md sebagai Menteri PANRB ad interim.

Wakil Presiden Maruf Amin dalam arahannya pada acara tersebut mengatakan, pemerintah bertanggung jawab penuh dalam menyediakan pelayanan publik yang berkualitas kepada warga negara sejak kelahirannya sampai kematiannya. Salah satunya MPP diselenggarakan dalam rangka untuk membantu memperbaiki kualitas pelayanan publik kepada masyarakat dan meningkatkan investasi di daerah.

Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro dalam keterangannya mengatakan, pihaknya akan turut serta berkolaborasi serta berkomitmen membantu mempercepat pembangunan MPP terealisasi di seluruh penjuru tanah air.

“BPJAMSOSTEK merupakan salah satu bagian dari lembaga negara yang menyelenggarakan pelayanan publik, konsen kami sejalan dengan harapan pemerintah yakni menghadirkan pelayanan yang lebih lengkap, lebih mudah, lebih cepat,” jelas Anggoro.

Menurutnya dengan adanya MPP di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia, akan mempermudah pekerja mendapatkan informasi jaminan sosial ketenagakerjaan, mendaftar menjadi peserta hingga melakukan pengajuan klaim. (Dri)

BERITA REKOMENDASI