TPID Cilacap-Jakarta Stabilisasi Harga Beras

CILACAP, KRJOGJA.com – Guna menjaga stabilitas harga beras dan inflasi, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Cilacap mengadakan kerja sama dengan TPID DKI Jakarta. Diantaranya, dengan memasok kebutuhan beras untuk PT Food Station Tjipinang Jaya atau Food Station yang merupakan Perusahaan BUMD DKI Jakarta, yang  bergerak dalam bidang distribusi, penjualan, jasa pergudangan, pergudangan dalam resi gudang, jasa pertokoan, dan pengangkutan bahan pangan (beras). 

"Jadi pada tahap awal yang dikirim ke Jakarta itu beras," ujar Trisno Nugroho.

Ketua TPID yang juga Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan DKI Jakarta, usai melepas tiga  truk pengirim beras dari Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Sumber Makmur Maos Kidul, Cilacap ke Jakarta, Rabu (06/03/2019).

Menurutnya, dengan kerja sama itu diharapkan harga beras di Cilacap menjadi stabil. "Maka dengan begitu inflasi di Cilacap pun akan terkendali pula," lanjutnya. 

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Arief Prasetyo Adi mengatakan, jumlah beras yang masuk ke perusahaannya dari berbagai daerah mencapai 3000 ton per hari sehingga kebutuhan perbulannya mencapai 30.000 ton.  

"Untuk Cilacap sebenarnya sudah ada pengiriman beras 9 ton dan sekarang ini ada lima truk. Dengan jenis pecah kulit dan beras jadi. Adapun harganya dipastikan diatas HPP (Harga Pembelian Pemerintah)." 

Menurutnya, jika dilihat dari kebutuhan beras di Jakarta, beras yang dikirim dari  Cilacap masih sangat sedikit. " Untuk itu, kerja sama pengiriman beras itu akan berlanjut atau dikembangkan. Karena kami juga bisa menerima telor dan bahan pangan lain,"lanjutnya. (Otu)

BERITA REKOMENDASI