Via Layanan ‘Cekatan’ Nelayan Cilacap Hanya Butuh 10 Menit Urus SLO

Editor: KRjogja/Gus

CILACAP, KRjogja.com – Guna mempermudah nelayan dalam mendapatkan dokumen kapal, terutama surat layak operasi (SLO), Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Cilacap, meluncurkan layanan “Cekatan” atau Cek Kapal Tanpa Antrean. Dalam hal ini petugas lah yang mendekati nelayan, sehingga untuk mendapatkan SLO itu kini nelayan hanya membutuh waktu 10 menit.

“Kalau sebelumnya kan mengantre sampai berjam-jam, dan nelayan harus datang ke pusat layanan terpadu,”ujar Sekretaris Ditjen PSDKP KKP Suharta di Cilacap, Jumat(26/03/2021). Menurutnya, Cekatan itu merupakan inovasi yang dikembangkan UPT PSDKP Cilacap dan merupakan yang pertama di Indonesia.

Dijelaskan, guna mendukung pelayanan tersebut PSDKP menerjunkan satu unit mobil dan dua sepeda motor untuk petugas. Maka jika suatu kapal dinyatakan sudah memenuhi persyaratan administrasi dan persyaratan teknis, maka melalui Mobil layanan “Cekatan” UPT PSDKP Cilacap langsung bisa menerbitkan SLO.
Diakuinya, untuk memeriksa kapal berukuran besar membutuhkan waktu sekitar 30 menit, sedangkan kapal-kapal kecil tidak butuh waktu lama karena petugas pengawas selalu melihatnya setiap hari.

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman mengapresiasi terbosan UPT PSDKP Cilacap berupa layanan ‘Cekatan’. Karena dengan memanfaatkan teknologi tersebut dapat mendekatkan layanan kepada nelayan, sehingga lebih mudah dan cepat serta gratis.

Hal senada diungkakan Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Kabupaten Cilacap, Sarjono, karena dengan kemudahan itu nelayan bisa berdisiplin melengkapi dokumen kapal perikanannya, terutama pada saat hendak melaut. Menurutnya, selama ini, di pusat pelayanan terpadu itu terdapat lima meja untuk melayani pengurusan dokumen kapal perikanan, sebagai pendukung persyarakatan melaut. “Lha kalau pengurusan dokumen pada satu meja membutuhkan waktu satu jam, maka nelayan mengantre pengurusan dokumen kapal itu bisa sampai 5 jam,” katanya.

BERITA REKOMENDASI