Wabup Banyumas Minta Koperasi Jaga Kualitas Produk

Editor: Agus Sigit

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono meminta Koperasi di Banyumas, khususnya gula kelapa organik untuk selalu menjaga kualitas dibandingkan mengutamakan kuantitas produk.

Permintaan Wabup Banyumas itu disampaikan kepada wartawan Selasa (12/7/2022) di sela-sela acara Tasyakuran Hari Koperasi Nasional di Kantor Dinnakerkop UKM Banyumas.

“Saya mengimbau koperasi, UKM dan perajin gula kelapa untuk menjaga kualitas produk. Jangan mikir kuantitas, tapi lebih ke kualitas,” pinta Sadewo.

Ia, mengajak koperasi untuk menjaga kualitas produk karena pernah ada produk gula semut yang di ekspor yang dikembalikan karena dianggap tidak memenuhi syarat, sehingga menjadikan kerugian bagi koperasi.

“Kasus yang pernah terjadi kita mengirim dari perusahaan eksportir yang ada di sini, empat kontainer gula semut ke Jerman. Dari sampling yang dilakukan secara acak, dan ada satu sampling yang mengandung non organik. Akibatnya, empat kontainer tidak dibayar. Kalau dibawa pulang biayanya lebih mahal, akhirnya dibuang percuma,” ungkapnya.

Lantaran alasan tersebut wabup menekankan agar koperasi-koperasi selalu menjaga kualitas produk sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan.

Sedang Kepala Dinnakerop UKM Banyumas, Joko Wiyono menambahkan, momentum peringatan Hari Koperasi tahun ini menjadi titik awal untuk membangkitkan semangat bagi koperasi untuk menjalankan usaha.

Menurutnya saat pandemi Covid-19, tidak sedikit koperasi yang terpuruk.
Kemudian pada pascapandemi ini untuk membangkitkan semangat koperasi.

“Makanya ini menjadi starting point untuk memberikan semangat. Tema Hari Koperasi tahun ini, koperasi menjadi ekonomi tumbuh berkelanjutan,” katanya. (Dri)

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI