Warga Berbagi Makanan dengan Pasien Covid-19 Bikin Haru Bupati Tiwi

Editor: Ivan Aditya

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Gerakan warga yang mewujudkan empati dan simpatinya terhadap warga lain yang harus menjalani isolasi mandiri (Isoman) dengan berbagi menu makan membuat Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) terharu. Gerakan warga Desa Toyareka Kemangkon Purbalingga yang dikoordinir Yayasan Bara Trisna Buana itu layak ditiru oleh warga lainnya.

“Saya merasa surprise. Ternyata banyak warga yang berempati luar biasa terhadap saudara-saudara kita yang saat ini sedang diuji dengan Pandemi Covid-19,” tutur Bupati Tiwi saat mengunjungi dapur umum di kantor yayasan tersebut di desa Toyareka, Jumat (16/07/2021).

Menurutnya, gerakan masyarakat seperti itu sangat dibutuhkan karena pemerintah tidak bisa mengatasi sendirian. Diperlukan sikap gotong royong dan gerakan bersama. Dengan banyaknya kepedulian maka akan meringankan beban.

“Mudah-mudahan kegiatan baik ini bisa menggugah masyarakat yang lain untuk bisa bareng membantu mereka yang terdampak. Kami atas nama Pemkab Purbalingga mengucapkan terimakasih,” tuturnya.

Bupati menambahkan, pihaknya juga menggerakan lembaga dan organisasi sayap pemerintah untuk melakukan hal yang sama. Meliputi Forum BUMD, PMI, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan lainnya. Masing-masing lembaga memiliki wilayah/kecamatan sendiri dalam cakupan pemberian bantuan.

“Lembaga lain yang ingin bergabung bisa segera koordinasi sehingga nanti tidak tumpang tindih sehingga bantuan bisa tepat sasaran,” ujarnya.

Disamping mengunjungi posko pemberian bantuan makanan untuk warga isoman, Bupati bersama jajaran Forkopimda juga meninjau pelaksanaan vaksinasi door-to-door di Dusun I Toyareka. Vaksinasi tersebut merupakan inisiasi dari Polres dan Kodim 0702 Purbalingga untuk membantu mewujudkan herd immunity.

Amin Sahri, pembina Yayasan Bara Trisna Buana yang berpusat di Toyareka menyebutkan, dengan sokongan para donatur di Purbalingga, dapur umum yayasan itu bisa meracik dan mendistribusikan 200-500 nasi kotak per hari. Dapur itu bekerja dalam tiga shift melibatkan ibu-ibu warga Toyareka dan pengurus yayasan.

Pada Jumat(16/07/2021), di Kantor Kecamatan Kalimanah diselenggarakan pendistribusian bantuan 440 nasi kotak oleh BUMD BPR BKK Purbalingga bagi warga yang menlanai isoman di Kalimanah. Sedangkan di Posko Satgas Covid-19 Purbalingga diselenggarakan pendistribusian 397 nasi kotak dari TP PKK Purbalingga untuk warga isoman di Kecamatan Purbalingga. (Rus)

BERITA REKOMENDASI