Warga Karangtengah Berkunjung ke PLTP Patuha

Editor: Ivan Aditya

BANJARNEGARA, KRJOGJA.com – Menjelang kegiatan uji alir sumur produksi SLR-Q-31A proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng Unit 2, PT Geo Dipa Energi (Persero) ‘GeoDipa’ mengajak para warga Desa Karangtengah Dieng berkunjung ke Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Patuha, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Proyek PLTP Dieg dan Patuha dikelola oleh BUMN yang berada dibawah Kemenku itu.

Diikuti Kepala Bidang Lingkungan Hidup Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPKPLH) Kabupaten Banjarnegara, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Banjarnegara dan Camat Batur, rombongan warga Karangtengah diterima oleh Direktur Umum dan SDM PT Geo Dipa Energi (Persero), Yudistian Yunis.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan diajak ke lokasi PLTP Patuha Unit 1 dan lokasi V (PPL 7) yang saat ini sedang berlangsung proses uji alir sumur produksi PTH-V-7B.

Menurut Yudistian Yunis, fasiltasi kunjungan warga ke WKP Patuha merupakan wujud GeoDipa dalam keterbukaan informasi berkait dengan pembangunan proyek dalam pembangunan Proyek PLTP Patuha 2 yang juga berbarengan dengan Proyek PLTP Dieng 2.

“Kami ingin menunjukkan, bahwa kami mematuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Kami berharap, pengetahuan dan informasi yang baik yang dapat di sini bisa dibagikan kepada saudara-saudara di Karangtengah,” ujarnya.

Peserta kunjungan diwajibkan mematuhi prosedur keamanan dan keselamatan di wilayah kerja PLTP Patuha, yakni mengikuti kegiatan safety induction sesuai dengan UU Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

Kepada peserta diberikan pemaparan singkat mengenai proses uji alir sumur produksi panas bumi. Selanjutnya, peserta diwajibkan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti safety helmet, safety shoes hingga earplug untuk menjaga keamanan dan keselamatan di lingkungan kerja.

Camat Batur, Aji Piluroso, menyatakan, masyarakat Karangtengah perlu memanfaatkan dengan sebaik-baiknya momentum kunjungan tersebut. “Kami berterima kasih atas kesempatan yang diberikan GeoDipa berkunjung ke tempat ini. Kami memperoleh tambahan wawasan dan pengetahuan baru,” katanya sambil menambahkan, pemerintah kecamatanj bersama masyarakat akan menyebarluaskannya kepada masyarakat Karangtengah sekaligus menekan informasi hoaks yang beredar.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Desa Karangtengah, Mukhodin. Dalam waktu dekat, GeoDipa akan melakukan kegiatan uji alir untuk sumur produksi Proyek Dieng Unit 2, SLR-Q-31A.

“Diharapkan hasil dari kegiatan kunjungan lapangan di Patuha dapat membuat masyarakat semakin mahami proses dan melihat prosedur keamanan dan keselamatan yang diterapkan oleh GeoDipa dalam kegiatan uji alir itu nsnti,” ujarnya. (Mad)

BERITA REKOMENDASI