Warga Terdampak Pandemi Bakal Terima JPS

Editor: KRjogja/Gus

PURBALINGGA, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga menyiapkan Jaring Pengaman Sosial (JPS) bagi warga terdampak pandemi Covid-19. Rencananya JPS mulai dibagikan setelah 20 Juli 2021.

“Kebijakan seiring rencana pemerintah pusat memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga akhir Juli,” tutur Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) saat memberikan sambutan pada Rapat Paripurna DPRD dengan Agenda Persetujuan Bersama Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026, Senin siang (19/7/2021).

Teknis pembagiannya akan dilakukan melalui komunitas. Saat ini pihaknya tengah berkoordinasikan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait jumlah dan pendataan komunitas penerima.

Dalam penanganan Covid-19, Pemkab juga berkoordinasi dengan jajaran Pemerintah Desa terkait alokasi Dana Desa (DD) sebesar 8 persen yang diwajibkan untuk penanganan Covid-19. Alokasi dana tersebut termasuk untuk petugas pemulasaran jenazah pasien Covid-19 di desa masing-masing.

“Tingginya angka kematian membuat petugas pemakaman dan BPBD kewalahan. Jadi perlu dibantu relawan di masing-masing desa. Relawan tersebut nantinya akan dibiayai melalui DD,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI