Waspada! 107 Pintu Perlintasan Kereta Api di Daop 5 Tidak Dijaga

Editor: KRjogja/Gus

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Pengendara dan pengguna jalan yang melewati pintu perlintasan sebidang kereta api di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto diminta lebih hati hati dan waspada.

Lantaran di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto ada sebanyak 107 dari total 208 perlintasan sebidang kereta api yang tidak dijaga.

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Supriyanto, Senin (12/10/2020) menjelaskan dari 107 perlintasn sebidang kereta api yang tidak dijaga tersebar di tujuh kabupaten.
Yakni Kabupaten Banyumas sebanyak 12 perlintasan, Brebes 3 perlintasan, Ciamis 2 perlintasan, Cilacap 45 perlintasan, Kebumen 16 perlintasn, Purworejo 7 perlintasan, dan Tegal 22 perlintasan.

Supriyanto, menambahkan lantaran keselamatan di perlintasan sebidang merupakan tanggung jawab bersama pemerintah, operator, dan pengguna jalan memiliki peran masing-masing yang sama pentingnya.

“Kami mengharapkan dukungan dari berbagai pihak agar keselamatan di perlintasan sebidang kereta api dapat tercipta,” pinta Supriyanto.

Menurutnya untuk menjaga keselamatan di perlintasan sebidang ada tiga unsur, yaitu dari sisi infrastruktur, penegakan hukum, dan budaya. Di sisi infrastruktur, evaluasi perlintasan sebidang harus dilakukan oleh pemerintah dengan melibatkan KAI dan pihak terkait lainnya secara berkala.

BERITA REKOMENDASI