Waspada! Tamu Ngaku Pegawai BUMN, Ternyata Jebul Maling..

Editor: Agus Sigit

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Menyamar sebagai pegawai BUMN tiga pelaku yang melakukan pencurian dan penipuan berhasil dibekuk Satuan Reskrim (Sat Reskrim ) Polresta Banyumas, Jawa Tengah.

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, yang didampingi Kasat Reskrim Kompol Berry, Kamis (20/1/2022) menjelaskan, kasus pencurian dan penipuan itu, berawal korban Sukarmi (58) perempuan warga Kecamatan Banyumas pada Senin malam (17/1/2022) kedatangan tamu tiga orang laki laki yaitu LJ, RS dan MS, yang mengaku pegawai BUMN.

Kedatangan ketiga lelaki itu mengaku dari pegawai dari salah satu perusahaan BUMN. Kepada korban mereka membujuk kepada korban akan mencairkan asuransi namun membutuhkan uang bayar pajak dimuka.

“Setelah korban percaya, kemudian korban memberikan uang tunai Rp 2 juta dan cincin seberat 5 gram berikut suratnya,” kata Kasat Reskrim Kompol Berry.

Kemudian, saat korban masih mengobrol dengan para pelaku, salah satu dari pelaku ijin ke kamar mandi. Setelah para pelaku pamitan meninggalkan rumah korban, korban bermaksud mengambil handphone miliknya, namun ternyata handphone dan dompet milik korban sudah hilang.

Kejadian itu, kemudian dilaporkan ke Polsek Banyumas yang diteruskan ke Polresta Banyumas. Polisi yang mendapat laporan melakukan penyelidikan, dan memintai keterangan sejumlah saksi, dan korban.

“Modus para pelaku ini adalah dengan berpura pura sebagai pegawai dari perusahaan BUMN dan akan mencairkan asuransi, kemudian dua orang pelaku mengajak korban mengobrol dan satu orang pelaku masuk ke dalam rumah mengambil barang milik korban,” jelas Berry.

Polisi, yang melakukan penyelidikan berhasil menangkap ketiga pelaku. Pelaku RS (18) lwarga Kecamatan Patikraja dan MS (19) l warga Kabupaten Banjarnegara di simpang empat Kebon Dalem Purwokerto Timur. Sedangkan pelaku LJ (23) warga Kabupaten Brebes diamankan di wilayah Kabupaten Cilacap.

Setelah dilakukan pengembangan, didapat keterangan dari para pelaku bahwa para pelaku juga melakukan aksi serupa di Banjarnegara, Wonosobo, Cilacap dan Magelang. Sedang hasil kejahatan berupa uang Rp. 10.500.000, serta beberapa perhiasan emas yaitu cincin dan anting.

Selain menangkap pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp 3 juta rupiah, satu unit handphone merk Oppo, satu unit handphone merk Xiaomi, satu unit handphone merk Invinix, satu unit handphone merk Asus, satu unit mobil Honda Brio Satya, satu lembar formulir pencairan asuransi, foto copy dan KK milik korban, satu buah map warna biru berisikan surat tugas dan daftar kompor, satu map warna biru yang berisikan dokumen dari PT serta satu buah cincin emas seberat 5 gram berikut kuitansi pembelian.

Ketiga pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP atau 378 KUHP, tentang pencurian dan penipuan dengan ancamanan diatas lima tahun penjara. (Dri)

 

BERITA REKOMENDASI