Wujudkan Pemilu Sejuk, 3 Pilar Harus Bersinergi

BANJARNEGARA KRJOGJA.com – Tiga pilar di tengah masyarakat, yakni Bhabinkamtibmas, Babinsa  dan Kepala Desa/Lurah diharapkan mampu menjaga kesejukan situasi dan kondisi menjelang Pemilu 2019. Baik menjelang, saat dan setelah pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.
 
Demikian dikatakan oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono di depan peserta apel 3 pilar di lapangan tenis indoor Banjarnegara, Selasa 2 Oktober. Apel 3 pilar dihadiri bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Kapolres AKBP Nona Pricilia Ohei, Dandim 0704 Letkol Inf Bagas Gunanto A.Ks, unsur Forkompinda, KPU, Bawaslu serta para pengurus partai. Dalam kesempatan tersebut, para pengurus partai mendeklarasikan pemilu damai. 

Apel 3 pilar dimeriahkan oleh grup kesenian tek-tek Polres Banjarnegara dengan menampilkan puluhan polwan sebagai penari sambil memainkan alat musik.

Didampingi Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, Kapolda mengatakan, menjelang pelaksanaan pemilu yang sudah memasuki masa kampanye, diharapkan peran 3 pilar bisa mengelola perbedaan dalam masyarakat.

"Harus kita reduksi perbedaan dan perbesar persamaan dengan menggandeng tokoh agar suasana wilayah tetap sejuk,” kata Kapolda. Kapolda berharap semua persoalan yang muncul di wilayah dapat diatasi oleh 3 pilar, sehingga tidak menjadi permasalahan yang besar. Dengan demikian keamanan yang ada di desa bisa mendukung terciptanya keamanan di tingkat Kabupaten Purbalingga maupun Provinsi Jawa Tengah.

Dalam pada itu, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto menyampaikan sinergitas 3 pilar yang sudah dilakukan diharapkan bisa lebih ditingkatkan. Sehingga apa yang masih dirasa kurang bisa diperbaiki untuk mendukung situasi keamanan yang kondusif.

“Apa yang sudah bapak ibu lakukan sudah baik dan pasti akan lebih baik lagi jika sinergitas diantara kita dapat kita tingkatkan baik dalam hubungan kerja maupun hubungan silaturahmi,” ucapnya.

Jika 3 pilar tersebut cepat turun tangan saat ada masalah, bisa mengurangi dampak perbedaan pilihan. Perbedaan yang ada saling dihormati sehingga tidak berkembang menjadi potensi konflik. (Mad)

BERITA REKOMENDASI