Bupati dan Ketua DPRD Sukoharjo Terima Penghargaan Nirwasita Tantra Lingkungan Hidup

Editor: Ary B Prass

SUKOHARJO, KRJogja.com– Pemkab dan DPRD Sukoharjo berhasil mendapat penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra tahun 2020 dari pemerintah pusat dibidang  lingkungan hidup. Kepastian memperoleh penghargaan tersebut diumumkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar secara virtual, Selasa (15/6/2021). Prestasi tersebut merupakan penghargaan ketiga untuk Bupati Sukoharjo dan kedua untuk Ketua DPRD Sukoharjo.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo Agustinus Setiyono mengatakan, Pemkab Sukoharjo berhasil memperoleh penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra tahun 2020 dari pemerintah pusat dibidang  lingkungan hidup. Pengumuman penghargaan dilaksanakan dalam rangkaian acara peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia.

Pemkab Sukoharjo mendapat penghargaan peringat 1 untuk kategori Kabupaten Sedang. Prestasi di bidang lingkungan hidup tersebut  diumumkan kepada para pemenang oleh pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Agustinus menjelaskan, penghargaan ini merupakan yang ketiga kalinya diterima oleh Pemkab Sukoharjo setelah sebelumnya juga menerima penghargaan serupa pada tahun 2017 dan 2019. Penghargaan Nirwasita Tantra 2020 sendiri dinilai berdasarkan Dokumen Informasi Kinerja Lingkungan Hidup Daerah (IKPLHD) tahun 2019. Dokumen tersebut berisi data kondisi lingkungan hidup, isu-isu lingkungan hidup prioritas dan respon yang telah dilakukan oleh Pemkab Sukoharjo dalam mengatasi isu prioritas lingkungan hidup tersebut.

Dokumen IKPLHD juga memuat inovasi-inovasi daerah dalam pengelolaan lingkungan hidup, diantaranya program kampung iklim daerah (proklim), pengembangan ekowisata berbasis masyarakat serta program konsolidasi lahan pertanian dan integrated farming.  “Semoga penghargaan Nirwasita Tantra ini dapat lebih menyemangati masyarakat Kabupaten Sukoharjo untuk bersinergi dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup,” ujarnya.

Ketua DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi mengucapkan terima kasih pada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas penghargaan yang diberikan untuk Kabupaten Sukoharjo. Khusus untuk DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi mengaku meraih penghargaan karena DPRD Sukoharjo mendukung program-program lingkungan hidup yang dijalankan Pemkab Sukoharjo. Dukungan itu bersinergi dimana Pemkab Sukoharjo menyiapkan program lingkungan hidup dan DPRD Sukoharjo memberikan dukungan salah satunya melalui penyediaan anggaran.

“Dukungan itu dalam bentuk terbitnya peraturan daerah tentang lingkungan hidup dan juga dukungan anggaran untuk lingkungan hidup,” ujarnya.

Dukungan yang diberikan oleh DPRD Sukoharjo terkait program-program lingkungan hidup mendapat apresiasi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup. Wawan Pribadi mengaku penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2020 yang diumumkan hari ini merupakan penghargaan kedua karena tahun 2019 juga mendapatkannya.

“DPRD Sukoharjo sudah dua kali dapat penghargaan ini dan peringkat 1 terus. Patut diapresiasi karena Sukoharjo mendapat penghargaan untuk eksekutif dan legislatifnya, daerah lain yang mendapat penghargaan sebagian besar hanya eksekutifnya saja,” lanjutnya.

Wawan Pribadi mengatakan, setelah menerima penghargaan baik diterima Bupati Sukoharjo dan Ketua DPRD Sukoharjo, pihaknya mengajak kepada semua pihak untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan hidup. Sebab penghargaan tersebut tetap perlu dijaga dengan melibatkan semua pihak. (Mam) 

BERITA REKOMENDASI