DMI Hidupkan Fungsi Masjid Sebagai Persatuan Umat

Editor: Ary B Prass

WONOSOBO,KRJOGJA.com– Keberadaan organisasi Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Wonosobo diharapkan bisa terus membantu para pengurus masjid di daerah untuk memakmurkan dan menghidupkan fungsi masjid yang tidak sekedar sebagai tempat ibadah saja, tetapi juga menjadi pusat pengembangan kegiatan masyarakat dan persatuan umat.
“Kehadiran Dewan Masjid harus bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya berbagai kegiatan di Masjid. Mari bersama-sama saling berupaya memakmurkan masjid, tidak sekedar menjadi rumah ibadah, tetapi juga sebagai pusat kegiatan masyarakat maupun sarana untuk persatuan umat,” ungkap Wakil Bupati (Wabup) Wonosobo Muhammad Albar ketika membuka silaturahmi dan koordinasi Pengurus Pimpinan Daerah DMI Wonosobo di Pendopo Kabupaten Wonosobo, Selasa (8/6/2021).
Melalui ajang silaturahmi dan koordinasi ini, jelas Albar, diharapkan dapat menguatkan peran DMI dalam memakmurkan masjid dalam skala lebih luas lagi. Kehadiran DMI di tengah masyarakat Wonosobo harus dapat menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat, dakwah Islam, serta mampu menyebarkan pemahaman bahwa Islam adalah agama yang ‘Rahmatan lil ‘alamin’.
Wabup juga berpesan kepada pengurus DMI Wonosobo untuk membuat program kegiatan yang terukur, sehingga mudah diimplementasikan, serta bermanfaat bagi masyarakat di sekitar masjid. Menurutnya, kebermanfaatan masjid bagi masyarakat sekitarnya menjadi poin utama yang harus dipertimbangkan dalam perencanaan program. “Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sekitarnya, sehingga kegiatan dilakukan DMI nantinya tidak hanya semata-mata dinilai positif oleh masyarakat, namun juga bernilai ibadah dengan ganjaran pahala dari Allah SWT,” tuturnya.
Oleh karena itu, Wabup mengigatkam agar pengurus DMI di daerah melakukan pendataan masjid secara menyeluruh. DMI harus mengetahui berapa jumlah masjid yang ada di kabupaten tercinta ini. Setelah terdata berapa jumlah masjid, selanjutnya tinggal memetakan untuk mempermudah koordinasi penyampaian program kegiatan yang akan dijalankan.
 
Wabup juga mengajak agar DMI senantiasa bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo. Terutama untuk menyelaraskan program kerja DMI dengan visi dan misi pembangunan Kabupaten Wonosobo. Dengan begitu akan terwujud kerjasama yang harmonis dalam memberikan manfaat yang lebih luas lagi bagi seluruh masyarakat Wonosobo.
Ketua DMI Kabupaten Wonosobo Tarjo, menyampikan bahwa rapat koordinasi dan silaturahmi ini selaligus untuk mensosialisasikan program dan kegiatan DMI Pusat dan Wilayah dalam melaksanakan rencana aksi terhadap problematika umat beragama. Selain itu agenda pada kesempatan ini juga membahas Surat Edaran dari pusat agar membuat program peduli Palestina serta penanganan percepatan penanggulangan Covid-19 dari sektor peribadatan di masjid. (Art)

 

BERITA REKOMENDASI