Hebat, Perpusda Wonosobo Terbaik se-Jawa Tengah

Editor: Ary B Prass

WONOSOBO, KRjogja.com– Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Kabupaten Wonosobo, Senin (14/6/2021), resmi ditetapkan menjadi perpustakaan umum terbaik se-Jawa Tengah dalam ajang lomba perpustakaan diselenggarakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpusda) Provinsi Jawa Tengah 2021.
Perpusda dikelola Dinas Arpusda Wonosobo tersebut berhasil menjadi pemenang pertama pada kategori perpustakaan umum dengan memperoleh nilai 914. Nilai tersebut berhasil mengalahkan Perpusda Kota Magelang yang hanya meraih 905, dan menjadi runner up, serta unggul dari Kabupaten Magelang yang meraih poin 851 dan menjadi juara ketiganya.
Wonosobo juga berhasil menjadi juara kedua lomba perpustakaan kategori perpustakaan desa/lelurahan tingkat Jateng, yaitu melalui Perpustakaan Bergema Desa Patak Banteng Kecamatan Kejajar dengan nilai 923. Sedangkan juara pertama diraih Desa Puro Kabupaten Sragen yang meraup nilai 968,5. Sedangkan juara ketiga direbut oleh Desa Kenteng Semarang. Sementara untuk kategori lomba perpustakaan sekolah, Wonosobo melalui SMK Negeri I hanya mampu merebut juara harapan I.
Kepala Dinas Arpusda Wonosobo Musofa, mengungkapkan bahwa dalam ajang lomba perpustakaan tingkat Provinsi Jateng tersebut, pihaknya mengirimkan satu perwakilan untuk setiap kategori, yaitu kategori perpusda, perpusdes, dan perpus sekolah. Hasilnya cukup menggembirakan dan membanggakan, ketiga perpustakaan dari berbagai kategori tersebut berhasil menyabet gelar juara. Bahkan Perpusda Wonosobo berhasil menjadi juara I dan menyandang gelar perpusda terbaik se-Jateng.
Disebutkan Musofa, penilaian lapangan yang dilakukan tim penilai dari Provinsi Jateng, meliputi presentasi oleh kepala perpustakaan, verifikasi berkas dan wawancara tim penilai kepada tim perpustakaan.
Sementara aspek yang dinilai adalah gedung dan ruangan, perabot, dan perlengkapan, koleksi perpustakaan, SDM perpustakaan, layanan perpustakakan, anggaran perpustakaan, promosi perpustakaan, pembinanan perpustakkaan, kerjasama perpustakaan, sampai sejauh mana dukungan pemerintah daerah terhadap pengembangan perpustakaan. Termasuk dukungan berbagai kegiatan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial serta berbagai prestasi yang pernah diraih.
Atas capaian membanggakan tersebut, pihaknya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada jajaran perpustakaan, baik pejabat struktural, para pustakawan dan pendamping perpustakkaan yang telah bekerja keras memunculkan ide-ide inovatif dan memberikan layanan kepada masyarakat sehingga bidang perpustakaan di Wonosobo mendapat dukungan dari berbagai pihak.
“Tentu kejuaran bukan tujuan akhir pengelolaan dan  pengembangan perpustakaan. Kami sedang dan terus melakukan inovasi untuk mensntimulasi penumbuhan budaya baca dan pembangunan perpustakkaan yang lebih inklusif. Paradigma baru perpustakaan adalah perpsutakaan tranfromatif inklusif oleh karena itu akan terus diupayakan agar perpustakaan dapat menjadi pusat kegiatan yang dapat mendorong percepatan terciptanya kesejahteraan masyarakat,” paparnya.
Selain itu, pihaknya juga terus berupaya membangun kerjasama dengan berbagai komunitas masyarakat seperti masyarakat para penulis, pegiat seni budaya, dan berbagai komunitas untuk dapat memenfaatkan fasilitas Dinas Arpusda yang lebih terbuka lan lebih produktif. Berkaitan dengan hal tersebut pihaknya memohon dukungan agar area Dinas Arpusda Wonosobo ke depannya bakal direncanakan menajadi Pusat Kegiatan Literasi dan Seni Budaya.
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat bersama Wakil Bupati Muhammad Albar, juga secara khusus mengucapan selamat dan terima kasih kepada jajaran Perpusda Dinas Arpusda, Perpus Bergema Desa Patak Banteng, dan Perpus Sekolah SMK Negeri 1 Wonosobo yang masing-masing telah mendapatkan juara 1, juara 2 dan juaran harapan 1 dalam lomba bidang perpustakaan tingkat Provinsi Jawa Tengah.
“Kami mengajak semua unsur pemerintah Kabupaten Wonosobo untuk memberikan dukungan yang nyata kepada perpustakaan umum daerah, untuk menguatkan perjuangan dan melakukan hal yang terbaik. Jika ke depan ada lomba tingkat nasional untuk kategori perpustakaan umum daerah, agar dipersiapan secara maksimal dan jalin kerjasama dengan semua pihak terkait. Kami yakin dengan berbagai inovasi yang terus dilakukan, perpusda Wonosobo bisa menjadi terbaik nasional,” pungkasnya. (Art)

BERITA REKOMENDASI