1.127 Personil Gabungan Siap Amankan Pilkades Serentak

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJogja.com – Sekitar 1.127 personil gabungan diterjunkan untuk pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di wilayah Kabupaten Magelang, Minggu (14/10/2018) mendatang. Awalnya ada 50 desa di 16 kecamatan yang melakukan pilkades serentak, namun ada 1 desa yang sama sekali tidak ada calonnya.

Hal ini dibenarkan Waka Polres Magelang Kompol Eko Mardiyanto SH kepada wartawan usai memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Magelang Tahun 2018 yang dilaksanakan di halaman Polres Magelang, Rabu (10/10/2018). Saat memimpin apel gelar pasukan ini Waka Polres Magelang juga membacakan sambutan tertulis Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo SIK SH. Didampingi Kabag Ops Polres Magelang Kompol Ngadisa dan Pj Sekda Kabupaten Magelang Drs Endra E Wacana, Kompol Eko Mardiyanto menambahkan 1 desa yang tidak ada calonnya adalah Desa Kemutuk Kecamatan Tempuran Magelang.

Kapolres Magelang dalam sambutan tertulisnya mengatakan dalam kacamata kamtibmas, peningkatan intensitas kegiatan politik ini tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan dibidang keamanan, diantaranya yang cukup menjadi perhatian bagi Polri adalah pemanfaatan politik identitas,
penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa, serta penyebaran hoax dan hatespeech, yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

Untuk itu Polri dibantu dengan unsur TNI dan stakeholders terkait lainnya akan melaksanakan pengamanan kegiatan Pilkades pada tanggal 13-15 Oktober 2018 dengan jumlah personel pengamanan sebanyak 1.127 Personel yang terdiri dari 541 personil Polri, 245 personil TNI, 80 personil  Sapol PP, 245 personil Linmas dan 16 personil Trantib Kecamatan.

Pengamanan ini diselenggarakan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, yang didukung kegiatan intelijen, penegakan hukum, kuratif, dan rehabilitasi melalui penggelaran fungsi-fungsi kepolisian dalam bentuk Satuan Tugas Polres Magelang.

Dalam kesempatan ini Kapolres Magelang menekankan bahwa Polres Magelang berkomitmen untuk terus bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan Pilkades tahun 2019 agar dapat berjalan. Kapolres Magelang juga menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan, diantaranya berkaitan dengan memperkuat soliditas dan sinergisitas TNI, Polri serta pemerintah daerah untuk mewujudkan Pilkades yang aman, lancar dan damai.
"Jaga netralitas Polri dan TNI, serta hindari tindakan yang dapat mencederai netralitas Polri dan TNI dalam penyelenggaraan Pilkades," tegasnya sambil menambahkan kedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang, untuk selanjutnya dilaksanakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini.

Kapolres Magelang juga berharap untuk mendorong seluruh calon kades dan massa pendukung untuk menghindari 'kampanye hitam' (black campaign) dan politik uang (money politics), sehingga tercipta situasi yang aman, nyaman dan damai. "Lakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional, baik terhadap dugaan tindak pidana yang berhubungan dengan Pilkades, maupun potensi pelanggaran hukum lainnya, guna menjamin stabilitas kamtibmas yang kondusif," kata Kapolres Magelang. (Tha)

BERITA REKOMENDASI