1.581 Personel Amankan Borobudur Marathon 2018

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJogja.com – Sekitar 1.581 petugas gabungan diterjunkan untuk pengamanan pelaksanaan lomba lari "Borobudur Marathon 2018 Powered By Bank Jateng", yang berlangsung Minggu (18/11/2018) pagi. Tim penjinak bom maupun lainnya juga diterjunkan dalam pengamanan ini.

Demikian antara lain dikemukakan Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo SH SIK kepada wartawan usai memimpin apel kesiapan pengamanan pelaksanaan Borobudur Marathon 2018 yang digelar di Lapangan Samudera Raksa Borobudur Magelang, Sabtu (17/11/2018).

Dikatakan, mereka yang terlibat dalam pengamanan ini akan lek-lekan

sejak Sabtu hingga Minggu. Apel kesiapan tidak hanya dilakukan Sabtu pagi, tetapi juga dilaksanakan Sabtu sore dengan melibatkan personil dari luar daerah, seperti polres-polres sekitar Magelang, Polda Jateng maupun lainnya.

Sedang Minggu dinihari sekitar pukul 01.30 apel seluruh petugas gabungan kembali dilaksanakan di Lapangan Samudera Raksa Borobudur, untuk kemudian dilanjutkan dengan penerjunan anggota yang terlibat dalam pengamanan ke masing-masing lokasi yang telah diploting. Karena start pertama dilakukan pukul 05.00, sebelumnya ada beberapa lokasi dan jalur yang perlu untuk diseterilkan sehingga peserta lomba lari dapat nyaman dan lebih aman.
 
Dari 1.581 personil yang diterjunkan dalam pengamanan, sekitar 1.235 personil diantaranya dari Polri. Sedang sisanya dari non Polri, seperti dari TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan maupun lainnya. Ada beberapa lokasi yang menjadi fokus pengamanan, diantaranya di sekitar lokasi start dan finish, sepanjang jalur lintasan. Dipastikan jalur tersebut steril dan aman, sehingga membuat nyaman para pelari dan tidak terganggu lalu-lalang masyarakat. Sistem penempatan anggota pengamanan ada yang 100 meter/orang dan ada juga 50 meter/orang. (Tha)

 

BERITA REKOMENDASI