10 UMKM Kebumen Ikuti Program Kementerian Luar Negeri

KEBUMEN KRJOGJA.com – Di tengah pandemi Covid-19 saat ini 10 produk  usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kebumen oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen diikutkan dalam program Kementerian Luar Negeri untuk menembus peluang pasar sejumlah negara Asia, Eropa, Amerika dan Timur Tengah.

“Negara-negara yang menjadi sasaran pencarian pasar diantaranya Brunei Darussalam, Malaysia, Dubai dan India. Adapun produk UMKM Kebumen yang kami ikutkan adalah gula semut, kopi, batik, genetri dan anyaman pandan,” ujar Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kebumen, Sri Wahyuroh SH, di ruang kerjanya, Kamis (16/07/2020).

Menurut Sri pandemi Covid-19 yang berdampak kelesuan terhadap UMKM di  berbagai daerah, termasuk Kebumen, disikapi dengan sebuah upaya dari Kementerian Luar Negeri untuk membantu mencarikan peluang pasar di
sejumlah negara. “Di bulan Juni 2020 lalu kami ditawari untuk mengikuti program ini  karena Kebumen memiliki sejumlah produk berpotensi ekspor,” ujar Sri.

Adapun jumlah jenis produk yang diikutkan program tersebut ditentukan  oleh masing-masing daerah peserta program. Seperti Kebumen yang  mendaftarkan 10 jenis produk. “Namun semua produk yang didaftarkan itu akan diseleksi, termasuk dengan cara diikutkan dalam pameran virtual oleh Kementerian Luar Negeri,” ujar Sri.

BERITA REKOMENDASI