100 Dosen Ikuti Workshop Pengelola Jurnal Ilmiah di UM Magelang

MAGELANG, KRJOGJA.com – Seratus dosen pengelola jurnal di perguruan tinggi se-Karesidenan Kedu mengikuti workshop pengelola jurnal ilmiah menuju terakreditasi, yang dilaksanakan Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Magelang (UM Magelang) di Hotel Safira Kota Magelang, Senin (25/3/2019). 

Kegiatan ini dibuka Wakil Rektor I UM Magelang Dr Purwati MSi Kons.Pada tahun 2017 Kemenristekdikti meluncurkan sistem satu pintu Akreditasi Jurnal Nasional (Arjuna) sebagai wadah jurnal di Indonesia untuk mengajukan akreditasi. Guna meningkatkan kualitas editor dalam mengelola jurnal ilmiah dan menghadapi akreditasi nasional tersebut, UM Magelang mengadakan workshop ini.

Ketua LP3M UM Magelang Dr Heni Setyowati ER SKp MKes mengatakan Dikti dan LIPI telah menyepakati adanya satu instrumen akreditasi nasional jurnal ilmiah, yaitu jurnal ilmiah yang berhak mengikuti seleksi akreditasi hanyalah jurnal dengan pengelolaan berbasis elektronik (e-journal). Ada banyak sistem pengelolaan e-journal, tetapi yang dianjurkan oleh Dikti adalah sistem jurnal terbuka (open journal system atau OJS).

Heni juga berharap dengan adanya workshop ini peserta dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengelola jurnal elektronik di perguruan tinggi masing-masing, sehingga dapat meningkatkan peringkat jurnal dengan akdeditasi yang baik. (Tha)

BERITA REKOMENDASI