100 Pelajar Ikuti Festival Batik Purworejo

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 100 pelajar putra putri dari 25 sekolah di Kabupaten Purworejo ikut ambil bagian dalam Festival dan Work Shop Batik. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya melestarikan budaya membatik yang sudah menjadi warisan leluhur dan diakui dunia, sehingga patut ditularkan kepada para generasi muda.

“Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok dari setiap sekolah menyertakan empat siswa,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Purworejo Gathot Suprapto SH, Selasa  (5/3).

Kegiatan yang berlangsung di pendapa rumah dinas bupati Purworejo ini sekaligus sebagai perayaan HUT ke- 39 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Purworejo.

Menurut Gathot Suprapto yang didampingi Kabid Perindustrian Heni Sudiyati, kegiatan festival membatik ini dilakukan dalam skala kecil (kain) namun dikerjakan sampai dengan pewarnaan. “Ini batik sederhana karena pesertanya masih anak-anak,” jelasnya.

Kegiatan ini katanya, sekaligus sebagai upaya untuk melestarikan warisan leluhur tentang batik agar generasi muda dapat menghargai dan meneruskan pengetahuan/keterampilan membatik sebagai kekayaan budaya yang adiluhung. “Sekaligus membangkitkan dan memotivasi tentang cara membatik bagi generai muda, khususnya siswa sekolah,” tambahnya. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI