105 Desa dan Kelurahan di Kendal Telah Lunas PBB

Editor: Ivan Aditya

KENDAL, KRJOGJA.com – Sebanyak 105 desa/kelurahan yang tersebar di 20 kecamatan di Kabupaten Kendal telah melunasi pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) di tahun 2018. Hal itu menunjukkan kepedulian masyarakat untuk membayar pajak bumi dan bangunan miliknya.

Bupati Kendal Mirna Annisa mengatakan, dari 286 desa/kelurahan di Kabupaten Kendal sebanyak 105 desa/kelurahan telah melunasi pajak PBB tahun 2018 tepat waktu. Dengan kemajuan teknologi saat ini diharapakan mempermudah wajib pajak, sehingga pembayaran pajak bisa lebih tertib.

“Saya masih mendengar keluhan masyarakat terkait wajib pajak, seperti mengendap di petugas penarikan wajib pajak. Saya pastikan tahun depan, saya tidak ingin lagi mendengar aduan masyarakat tentang adanya perangkat desa yang menyembunyikan pajak di Kabupaten Kendal,” ujar Mirna di pendapa kabupaten, Kamis (28/03/2019).

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kabupaten Kendal, Agus Dwi Lestari, mengatakan, realisasi pajak PBB di Kabupaten Kendal mencapai 21 miliar atau sekitar 75,17 persen dari yang ditargetkan yaitu Rp 24 miliar. “Launching tiga aplikasi tersebut bertujuan memudahkan masyarakat untuk melakukan pembayaran pajak bumi dan bangunan,” ujar Agus.

Kepala Desa Jatipurwo Murtadho yang merupakan salah satu desa tercepat pencapaian lunas PBB nya mengatakan jika desanya memang tertib dalam pembayarab PBB. "Kami saling percaya dalam hal pembayaran, sebagai pelayan masyarakat jika diberi amanah untuk memungut kami langsung bayarkan dan semua sepakat untuk waktu pembayaran sehingga bisa serentak," ujar Murtadho. (Ung)

BERITA REKOMENDASI